by

Kisah Horor Plaza Surabaya, Mall Yang Menempati Bekas Rumah Sakit Tertua di Surabaya

Rentetan.com – Indonesia memiliki bangunan-bangunan sisa masa kolonial yang kini dialihfungsikan menjadi fasilitas umum lain. Tak jarang, bangunan-bangunan ini memiliki cerita horor tersendiri karena menjadi saksi bisu peristiwa memilukan di masa silam. Apalagi, jika berkaitan dengan bangunan rumah sakit. Seperti Mall Delta Plaza Surabaya yang menempati bekas rumah sakit tertua di Surabaya. Ini dia kisah horor Plaza Surabaya.

kisah horor plaza surabaya
(foto: jejakpiknik)

Di Indonesia sendiri, sebenarnya banyak mall-mall yang disebut angker. Sebut saja Mall Klender di Jakarta yang menjadi lokasi kerusahan Mei. Banyak korban tewas terpanggang dalam kejadian  di mall itu.

Di Surabaya, lokasi Mall yan dianggap angker, bahkan sebelum dijadikan pusat perbelanjaan adalah Plaza Surabaya atau yang dahulunya dikenal sebagai Delta Plaza. Lokasinya terletak di jln Pemuda Embong Klasin, Kecamatan Genteng. Keangkeran dari mall ini berasal dari cerita sejarah yang ada dibaliknya.

Ya, mall ini dahulunya tercatat sebagai gedung rumah sakit tertua di Surabaya yang disebut Rumah Sakit Dr. Soetomo yang dibangun sebelum tahun 1900-an.

Diberi nama demikian, karena di sinilah Dr. Soetomo pernah mengabdi. Nama lain dari rumah sakit ini adalah Rumah Sakit Simpang. Merujuk pada lokasinya yang terletak di persimpangan jalan.

Rumah sakit ini beberapa kali berganti nama, di antaranya Rumah Sakit Umum Pusat. Selain itu juga berpindah-pindah kepemilikannya antaraa bangsa Indonesia dan Belanda. Saat ini RS. Dr. Soetomo yang berdiri di Surabaya berada di lokasi yang berbed, sudah berpindah dari simpang tersebut sejak tahun 1951.

Baca juga: Teror Hantu Tok-Tok di Madiun, Sosok Seram Yang Suka Bertamu Tiap Lewat Tengah Malam

Comment

News Feed