by

Cara Menjadikan Kamera Sebagai Webcam Mulai Dari Canon, Sony, dan GoPro

Cara Menjadikan Kamera Menjadi Webcam

Sebenarnya sudah banya produsen dari kamera memiliki software tambahan untuk akses Webcam. Sayangnya terdapat batasan yang cukup menggangu seperti misalnya batasan untuk model kamera tertentu saja.

Ada beberapa persyaratan dan requirement yang mungkin harus dilengkapi terlebih dahulu untuk melakukan setup. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang harus dilengkapi.

  • Video Capture Card
  • HDMI dan USB
  • Broadcast Software seperti contohnya OBS (tidak wajib)

Kit akan mengesampingkan perangkat tambahan lain seperti misalnya lighting, mic, dan dan lain sebagainya. Karena di sini kiga akan fokus ke cara menjadikan kamera digital menjadi sebuah webcam.

1. Gunakan Perangkat Video Capture

Sayangnya jika kita ingin menjadikan kamera digital menjadi sebuah webcam kita harus memiliki perangkat video capture ini. Kamu harus memiliki perangkat yang support UVB (USB Video Class). UVB ini adalah protokol yang bisa digunakan untuk Webcam bekerja dengan software seperti Zoom ataupun Skype misalnya.

Salah satu contoh dari perangkat ini adalah Elgato Cam Link 4K. Memang sih perangkat ini cukup mahal sehingga memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun tentu ada varian yang bisa dibilang cukup murah misalnya saja Mirabox, Magewell, dan lain sebagainya.

Yang paling penting adalah perangkat ini sebagai perangkat yang digunakan sebagai perantara untuk menghubungkan perangkat desktop atau Laptop dengan Kamera Digital.

Lainnya: 10 Kamera Terbaik 2020 Yang Wajib Diperhitungkan

Comment

News Feed