by

Fungsi Touchpad Laptop Windows Selain Untuk Klik dan Zoom Ini Jarang Diketahui!

Rentetan.com – Meskipun ada mouse, namun tak jarang juga pengguna laptop yang lebih senamg menggunakan touchpad laptop untuk menggerakan kursor, mengklik hingga melalukan zoom out dan zoom in. Tetapi, kamu tahu tidak? ternyata fungsi touchpad laptop itu sendiri lebih banyak dari itu. Total ada 10 fungsi touchpad laptop windows yang jarang diketahui dan dipakai. Cek di bawah ini apa saja.

fungsi touchpad laptop windows

Touchpad pada laptop biasanya menjadi cara mudah untuk menavigasikan aktivitas kamu saat menggunakan laptop. Baik untuk bekerja, belajar, hingga melakukan hobi atau main game.  Kali ini kami ingin memberitahu jika fungsi dari touchpad laptop, terutama laptop windows bukan hanya soal klk, gerakan kursor, hingga zoom saja. Masih ada berbagai fungsi lainnya, yang kalau kamu pelajari akan sangat bermanfaat.

Baca juga: 20 Aplikasi Edit Video Terbaik Android 2020, Ini Aplikasi Yang Jadi Trend!

Simak ulasan artikel mengenai apa saja fungsi touchpad laptop windows yang jarang orang ketahui. Untuk melihat apa saja fungsinya ini kamu bisa memulai dengan membuka Settings>Device>Touchpad. Sebagai catatan, kamu harus pastikan dahulu jika touchpad yang kamu gunakan sudah touchpad presisi. Cara memastikannya bisa lihat artikel kami sebelum ini.

Ini dia 10 fungsi touchpada laptop windows dalam navigasi.
  • Klik item: dengan cara ketuk sekali pada touchpad. Selain itu kamu juga bisa pindahkan sebuah item dengan cara ketuk, tahan, lalu seret item yang sudah kamu pilih tersebut.
  • Zoom In: Kamu letakkan dua jari di atas touchpad dalam posisi rapat, kemudian rentangkan kedua jari tersebut (pinch out).
  • Zoom Out: Sebaliknya, kamu letakkan dua jari di atas touchpad dengan terbentang kemudian satukan (pinch in).
  • Scroll: Selanjutnya untuk menggunakan touchpada sebagai scroll dilakukan dengan cara menggeser jari di atas touchpad ke atas dan ke bawah.
  • Klik kanan: Caranya dengan ketuk touchpad sebanyak dua kali atau bisa juga ketuk sekali saja di bagian kanan bawah touchpad.
  • Melihat seluruh jendela aplikasi yang terbuka: Kamu letakkan tiga jari kamu di atas touchpad. Lalu geser ke atas. Dengan cara ini kamu bisa melihat jendela-jendela aplikasi yang sedang terbuka hingga melihat jendela aplikasi apa saja yang pernah dibuka (history) dalam beberapa hari terakhir.
  • Memunculkan desktop: Caranya dengan meletakkan tiga jari di touchpad juga, namun kali geser ke arah bawah
  • Pindah antar jendela aplikasi yang sedang terbuka: Letakkan juga tiga jari di atas touchpad, kemudian geser ke arah kanan atau kiri.
  • Membuka Cortana atau Windows Search: Ketuk touchpad menggunakan tiga jari.
  • Membuka Action Center: Ketuklah touchpad menggunakan empat jari. Lalu, kamu akan bisa melihat notifikasi yang masuk, dan bisa aktifkan berbagai fitur yang ada di Action Center.

Baca juga: Cara Screenshot Laptop DELL, Berikut Tutorial Lengkapnya!

Comment

News Feed