by

Cek Fakta dan Hoax: Pengangkatan CPNS Melalui Jalur Khusus Yang Beredar di Internet

Rentetan.com – Cek fakta dan hoax mengenai pengangkatan CPNS melalu jalur khusus yang beredar di Internet agar tidak tertipu dengan aksi orang – orang yang merugikan.

Hoax Pengangkatan CPNS Melalui Jalur Khusus

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menegaskan bahwa surat yang ramai beredar melalui pesan singkat berantai WhatsApp itu adalah Hoax dan tidak berdasarkan fakta yang ada.

Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementrian PAN-RB Andi Rahardian memastikan bahwa kementrian tidak pernah mengeluarkan surat tersebut, seperti dilansir dari detik.com (18/02/21).

“Surat tersebut dipastikan palsu dan tidak benar. Untuk masyarakat agar mengabaikan surat tersebut”. Kata Andi dalam keterangan yang diberikan oleh Detik.com.

Surat palsu itu memiliki nomor B/977/S.KP.01.00/2020 yang mencantumkan juga nama Sekertaris Kementrian PAN-RB Dwi Wahyu Atmaji sehingga memberikan kesan bahwa ada penetapan anggaran pengangkatan CPNS melalui jalur khusus di tahun Anggaran 2013/2014.

Dari surat Hoax ini seperti diperlihatkan seolah merupakan hasil Rapat Koordinasi CPNS Jalur Khusus dengan Pejabat Pembina Teknis Kepegawaian dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 28 Desember 2020.

Selain itu ada juga bagian yang menyebutkan untuk calon CPNS dari jalur khusus ini segera melaporkan kepada Kepala Biro Pembinaan Kepegawaian Pemerintah Provinsi.

Andi menegaskan bahwa sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengamanatkan bahwa pengangkatan CPNS hanya dilakukan dengan proses seleksi yang ketat.

Tidak ada pengangkatan tanpa tes dan semuanya harus mengikuti prosedur yang ada.

Baca Juga: 10 Fakta Mengenai Keluarga Luffy Yang Belum Diketahui!

Comment

News Feed