by

Bocoran Fitur Android 12 Terbaru: Informasi Rumor dan Fakta

Bocoran Fitur Android 12 Terbaru: Sudah Dikonfirmasi

Wi-Fi Sharing

Dalam versi Android 11, jika kamu ingin melakukan sharing Wi-Fi dengan seseorang, kamu bisa menggunakan fitur QR Code. Namun di Android 12 nanti kamu bisa dengan mudah untuk melakukan sharing dengan tombol “Nearby” yang ada di bawah QR Code. Dengan fitur ini kita tidak perlu lagi susah payah untuk menyodorkan QR Code untuk orang – orang yang ada di sekitar kita.

Screenshot Yang Lebih Canggih

Walaupun sudah dikonfirmasi namun sepertinya fitur Screenshot ini baru ada di perangkat Google Pixel. Jika kamu melakukan screenshot, kamu akan dengan mudah untuk melakukan edit. Di Android 12 nantinya kamu akan bisa menggunakan emoji, sticker, dan lain sebagainya dengan tools bawaan. Tentu perubahan ini bukanlah perubahaan yang “wah” namun membuat kita menjadi lebih mudah tanpa harus install aplikasi tambahan lagi.

Support AVIF

Oke biasanya kita mengenal file gambar dengan ekstensi JPEG bukan? Nah di bocoran fitur Android 12 terdapat sebuah informasi bahwa nantinya OS terbaru besutan Google ini akan mendukung AVIF. Dengan klaim memiliki kualitas foto yang lebih baik, dengan ukuran yang lebih kecil membuat kita lebih leluasa untuk menyimpan banyak foto.

Media Transcoding

Selanjutnya adalah dukungan media transcording yang dikenalkan oleh Google. Beberapa aplikasi Video yang tidak support HEVC sekarang bisa menggunakan fitur ini untuk digunakan transcode file menjadi AVC.

Efek Audio

Di Android 12 ini kabarnya juga memberikan fitur efek audio yang beragam. Misalnya saja beberapa aplikasi bisa menggunakan fitur kustom ringtone dan game juga bisa menggunakan kustom audio sesuai dengan keinginan para pengembang.

Cookie Handling

Selanjutnya Google memberikan support SameSite cookie untuk WebView. Fitur ini akan membuat developer mampu memberikan pembatasan tertentu pada website – website khusus. Dan sebenarnya memang beberapa browser Android sudah support dengan fitur ini.

Konten Yang Lebih Menarik

Yang dimaksudkan dengan konten menarik adalah Google memberikan kesempatan kepada para pengguna untuk mendapatkan kebebasan dalam memilih text misalnya dalam bentuk plain text, mark up, image, video, files dan sebagainya.

Sistem Notifikasi

Mungkin salah satu hal yang paling menarik di mengenai bocoran fitur Android 12 terbaru ini adalah seputar notifikasi. Pada Android 12 akan ada beberapa perubahan termasuk desain, yang meningkatkan funsionalitas dan penggunaan. Ada beberapa tambahan animasi transisi, drawer dan juga kontrol.

Update Android via Google Play

Disebut dengan The Android Runtime (ART) sebuah project yang menyasar kepada update sistem operasi Android melalui Google Play. Namun sepertinya fitur ini memang belum akan berjalan dalam waktu dekat. Kita tunggu saja beberapa informasinya di masa yang akan datang.

Baca Juga: Iphone 12 Terbaru Bakal Rilis Tahun Depan, Ini Bocorannya!

Comment

News Feed