by

Cara Gunakan Smartphone Sebagai Webcam Saat Untuk Virtual Meeting

Rentetan.com – Kesulitan menggunakan kamera laptop atau komputer sebagai medium kamera ketika video call atau virtual meeting? Tak usah khawatir, karena kamu sebenarnya bisa menggunakan kamera pada smartphone milikmu sebagai webcam atau difungsikan sebagai kamera, meski kamu melakukan video call tersebut di laptop atau komputer. Ikuti langkah cara gunakan smartphone sebagai webcam berikut ini.

cara gunakan smartphone sebagai webcam
(foto: pixabay)

Dalam situasi pandemi seperti ini aplikasi video teleconference semakin menjadi primadona karena semua orang menggunakannya. Mulai dari kebutuhan work from home (WFH), pembelajaran jarak jauh (PJJ), hingga untuk mengobrol bersama kerabat atau teman yang kini terpisah jarak. Ada banyak alternative atau pilihan aplikasi untuk videol call atau virtual meet ini.  Bisa menggunakanannya lewat ponsel ataupun PC.

Baca juga: Cara Memburamkan Background Skype Saat Video Call, Pahami Langkahnya!

Maka dari itu keberadaan webcam saat ini menjadi penting. Karena, akan membantu membuat perekaman kameramu semakin lebih baik. Namun, bagaimana jadinya jika kualitas kamera di laptopmu memang kurang baik atau bahkan sudah tidak berfungsi. Ternyata, smartphone kini juga bisa berfungsi sebagai webcam dan kualitasnya pun tidak kalah bagus. Lebih mudahnya, cara gunakan smartphone sebagai webcam ini bisa melalui bantuan aplikasi, di antaranya DroidCam.

Begini langkah-langkahnya:

Menggunakan aplikasi DroidCam

Pertama-tama kamu harus download dahulu aplikasi DroidCam, yang bisa kamu temukan dengan mudah di Google Play Store. Ketika berada di halaman utama, kamu harus menyetujuan beberapa hal yang diminta serta ikuti persetujuan. Setelah persetujuan selesai dilakukan, pada bagian bagwah klik ‘Got It’. Kemudian pilih ‘Allow’ yang tujuannya untuk mengizinkan aplikasi melakukan pengaturan pada kamera.

Selanjutnya kamu lakukan pengunduhal aplikasi DroidCam juga di perangkat PC yang kamu gunakan. Di PC unduh aplikasi ini dengan nama ‘DroidCam Client’, kamu bisa melakukannya dengan klik di sini. Setelah selesai diunduh, buka aplikasi DroidCam Client ini dan ikuti langkah petunjuk instalansinya. Jika sudah berhasil terpasang di PC, maka ikonnya akan muncul di desktop.

Setelah itu menghubungkan perangkat PC dan smartphone ini kamu harus hubungkan IP Adress antar perangkat yang kamu gunakan ini. Kamu juga harus pastikan dahulu, jika Wifi yang digunakan ini sama. Selanjutnya pastikan untuk aktifkan ‘Video’ dan ‘Audio’ sehingga kameran dan mikrofon di ponsel kamu ini dapat digunakan.

Baca juga: Aplikasi Vtuber Android Terbaik dan Cara Menjadi Virtual Youtuber!

Comment

News Feed