by

Cara Masuk Safe Mode Windows 10, Tips dan Trik Mudah

Rentetan.com – Pengen tahu tips dan trik untuk cara masuk safe mode Windows 10? Dalam pembahasan kali ini akan kita coba berikan beberapa informasi menarik yang bisa digunakan untuk para pengguna sistem operasi yang dibesut oleh Bill Gates satu ini.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Sebenarnya untuk masuk ke Safe Mode ini cukup mudah untuk dilakukan terutama saat ini Windows memberikan sebuah settingan yang bisa dilakukan melalui pengaturan langsung. Setelah membaca artikel ini nantinya kamu akan mendapatkan beberapa informasi yang mungkin bisa dijadikan sebagai pedoman.

Jadi terus ikuti tips dan trik menarik yang akan diberikan dari Rentetan.com ini ya? Mari kita langsung masuk ke pembahasan utamanya di sini.

Baca Juga: Parental Control di Android: Cara Membuat Hp Android Ramah Anak

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Secara umum ada beberapa cara yang bisa digunakan. Kita akan bahas semuanya di sini. Tidak peduli dari versi sistem operasi besutan Windows ini, tetap bisa kok menggunakan cara – cara yang akan di share dan dibagikan.

Secara singkat, ada dua versi Safe Mode di Windows 10, yaitu Safe Mode dan Safe Mode with Networking.Perbedaan dari dua versi ini hanya terletak pada driver jaringan.

Daripada penasaran dengan informasi lebih lanjutnya mari kita bahas dengan lengkap mengenai cara masuk Safe Mode Windows 10.

#1: Dari Settings

Pertama kamu bisa menggunakan Settings untuk cara masuk Sade Mode Windows 10 yang pertama. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan.

  • Masuk ke Settings, untuk cara mudahnya bisa gunakan Windows + i, atau dengan tekan tombol Windows dan cari pilihan Settings.
  • Setelah lanjutkan dengan pilih Update & Security > Recovery.
  • Di bawah pilihan Advanced Startup, pilih Restart Now.
  • Setelah restart selanjutnya kamu akan masuk di tampilan Choose an Option. Pilih Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings dan Restart.   
  • Nah kamu akan mendapatkan sebuah list yang terlihat seperti di bawah. Ingat pilihan tersebut (dalam contoh kamu bisa gunakan tombol 4 atau F4 untuk Safe Mode sementara untuk 5 atau F5 adalah untuk Safe Mode with Networking).

#2: Dari Sign in Screen

Cara masuk Safe Mode Windows 10 ke dua adalah menggunakan metode dari Sign in Screen. Kita bisa menggunakan car aini jika kita tidak bisa mengakses Settings pada cara pertama. Berikut ini adalah langkah – langkah mudah yang bisa dengan mudah untuk diikuti.

  • Pada bagian Windows Sign in Screen, pilih dan tahan tombol shift, bersamaan dengan klik Power icon > Restart
  • Setelah Laptop atau PC restart, selanjutkan kita akan masuk ke Choose an Option. Di sini bisa dilanjutkan ke Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart.
  • Untuk langkah selanjutnya sama dengan metode pertama, hanya perlu mengulangi cara yang sudah ada saja.

#3: Dari Black Screen

Ini adalah cara yang juga cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa digunakan.

Catatan: Jika ingin kembali ke windows secara normal atau keluar dari Safe Mode bisa langsung restart perangkat maka kita akan secara otomatis kembali ke settingan awal.

  • Pertama kita bisa klik atau tekan Windows + R.
  • Kemudian akan muncul Run Config, ketikan msconfig dan tekan Enter atau klik OK.
  • Lanjutkan dengan pilih pilihan Boot Tab.
  • Setelah itu di bawah pilihan Boot Options, hapus Safe Boot checkbox.
  • Kamu sudah berhasil menggunakan cara masuk Safe Mode Windows 10 langsung dari black screen atau saat melakukan restart.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Javascript di Android Untuk Berbagai Browser Populer

Akhir Kata

Tips dan trik kita sampai di sini untuk pembahasan Safe Mode di Windows 10 ini. Semoga informasi ini bisa membantu para pembaca untuk mengatasi berbagai permasalahan yang membutuhkan masuk ke mode satu ini. Jangan lupa juga untuk share informasi ini kepada orang yang ada di sekitar kamu agar lebih banyak yang terbantu.

Ikuti terus Rentetan.com dengan berbagai tips dan trik menarik seputar teknologi lainnya. Terima kasih dan sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya.  

Baca Juga: Merekam Layar Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi Lain, Ikuti Langkah-Langkah Ini!

Comment

News Feed