by

Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri Dengan Mudah

Rentetan.comMencari cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri? Tips dan trik kali ini akan menjelaskan dengan beberapa langkah mudah.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri Dengan Mudah

Salah satu kelebihan dari sistem operasi Android adalah banyaknya aplikasi yang sudah tersedia. Perkembangan dari aplikasi yang mendukung untuk perangkat android sendiri sangat pesat dengan setiap hari terus bertambah.

Permasalahan yang ada di dunia android adalah perbedaan antara hardware dan software. Tentu ini memiliki kelebihan dengan bisa memilih lebih banyak varian yang mungkin bisa kita dapatkan, namun sekaligus juga memberikan sebuah kesulitan untuk para pengembang. Untuk itulah kenapa di Android sendiri aplikasi sering mengalami crash atau terkadang sampai keluar sendiri jika dibandingkan dengan aplikasi iOS.

Nah pada kesempatan kali ini akan kita coba mencari cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri dengan beberapa metode yang paling mudah, tanpa harus banyak mengetahui hal – hal yang bersifat teknis.

Baca: Cara Nonton Live IG Tanpa Komentar di Android, Matikan Dengan Langkah Ini!

Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri

Ada banyak alasan dan penyebab aplikasi android keluar sendiri atau disebut juga dengan crash. Salah satu penyebab utamanya adalah terkadang permasalahan memory terutama untuk perangkat spesifikasi rendah. Selain itu ada juga permasalahan atau bugs, pada aplikasi android tersebut sehingga memang kita tidak bisa melakukan apapun kecuali menunggu pengembang melakukan perbaikan bug tersebut.

Namun biasanya dan yang paling banyak terjadi adalah pada kondisi pertama, dimana penyebab aplikasi keluar sendiri lebih cenderung disebabkan oleh memory management alias tidak mencukupinya memori seperti RAM dan lain sebagainya di perangkat kita.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri

Jangan langsung panik jika aplikasi android mengalami crash atau tiba tiba keluar sendiri. Android memang seringkali mengalami kejadian seperti ini walaupun untuk beberapa update terbaru mereka sudah cukup baik untuk mengurangi kasusnya. Ada beberapa langkah untuk bisa digunakan di sini, langsung saja cek tips dan trik yang ada di bawah ini.

1. Force Stop

Ya, cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan Force Stop aplikasi menggunakan menu settings. Ini adalah cara paling mudah dan juga paling cepat untuk mengatasi permasalahan ini.

Pertama – tama kiga masuk ke menu Settings > Apps dan pilih aplikasi yang crash. Setelah itu pilih pada bagian “Force Stop”. Setelah menjalankan langkah ini, silakan coba untuk membuka aplikasi sekali lagi, biasanya permasalahan akan bisa langsung teratasi.

2. Restart Perangkat Android

Terdengar sangat klasik bukan? Ya tapi cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri ini memang cukup ampuh untuk membuat perangkat android bekerja normal kembali. Saat melakukan restart perangkat kita akan menghentikan berbagai proses dan juga aplikasi yang berjalan dan semua sistem yang ada. Selain itu kegiatan restart ini juga merupakan salah satu cara untuk menghapus sekaligus membersihkan penggunaan memori pada perangkat.

Untuk melakukan restart, langsung saja klik pada tombol power dan pilih restart. Tunggu sampai perangkat hidup kembali, dan seharusnya aplikasi yang mengalami crash sudah bisa kamu coba buka sekarang juga.

3. Clear App Data Dan Cache

Sebelum melakukan restart, kita sebenarnya bisa menggunakan metode clear cache dan app data. Ini adalah salah satu cara dan metode favorit kami jika terjadi crash aplikasi dengan tiba tiba aplikasi android keluar sendiri.

Untuk bisa melakukan clear app data dan cache sangatlah mudah. Pertama kamu bisa langsung masuk ke dalam menu settings > Apps > dan klik pada aplikasi yang crash. Setelah itu pilih clear app data dan Cache.  

Biasanya cara satu ini sangatlah ampuh dan mampu bekerja di berbagai perangkat apapun.

Catatan: jika kamu melakukan clear cache dan data, pastikan kamu ingat password dan juga username untuk beberapa aplikasi yang membutuhkan akses login ya?

4. Install Ulang Aplikasi

Selanjutnya ad acara mengatasi aplikasi android keluar sendiri lain yang mungkin patut untuk dicoba. Untuk beberapa alasan beberapa tips dan trik yang sudah dijelaskan di atas mungkin tidak bekerja sehingga kamu bisa langsung cob acara selanjutnya yaitu install ulang aplikasi. Caranya mudah, kamu hanya perlu hapus aplikasi kemudian install lagi.

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Android Play Store di Laptop, Lengkap Step by Step

5. App Permission

Nah, ada beberapa hal yang harus diketahui nih khususnya untuk pengguna sistem Android 10 ke atas dimana kita bisa cek permission access untuk setiap aplikasi yang diinstall. Ada beberapa aplikasi android yang tidak berjalan sempurna ketika tidak diberikan permission ini. Jadi pastikan kamu menizinkan aplikasi tersebut mengakses smartphone android kamu paling tidak untuk minimal.

Sama kita bisa cek dengan masuk ke Settings > App dan klik pada aplikasi tersebut. Pilih bagian Permissions dan izinkan beberapa hal yang terlihat.

6. Update Aplikasi

Nah, ini dia salah satu penyebab dari sebuah aplikasi keluar sendiri atau crash karena lupa update. Sebenarnya untuk Google Play Store sudah menyediakan fitur auto update, namun sayangnya kita sering mematikannya dengan alasan hemat kuota. Oke dan ketika mematikan fitur ini kita jadi lupa untuk melakukan update.

Pastikan untuk cek apakah ada update terbaru dari aplikasi karena biasanya jika ada bugs tertentu akan diberikan update terbaru dari pengembang.

7. Factory Reset

Dan terakhir kita bisa menggunakan fitur Factory Reset. Ingat ini bukanlah rekomendasi paling utama tapi bisa dijadikan satu satunya cara jika metode yang sudah disebutkan di atas tidak ada yang berhasil. Kamu harus melakukan backup data terlebih dahulu karena Factory Reset akan menghilangkan semua data kembali ke setting pabrik.

Cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri terakhir kita satu ini akan membuat perangkat kita kembali ke posisi seperti baru. Jadi semua data akan dihapus dan dihilangkan. Untuk melakukan factory reset bisa gunakan beberapa langkah berikut ini. Masuk ke Settings > About, Back up dan Reset. Selanjutnya pilih factory Reset.

Ingat ya bahwa semua data akan dihapus pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Itu dia beberapa tips dan trik untuk cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri atau crash yang menyebalkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga: Cara Masuk Safe Mode Windows 10, Tips dan Trik Mudah

Comment

News Feed