by

Cara Membuat Kualitas Webcam Meningkat Drastis

Rentetan.com – Satu lagi tips dan trik menarik yang bisa digunakan saat pandemi corona dan covid-19 yang masih mengkhawatirkan yaitu cara membuat kualitas webcam meningkat drastis.

Cara Membuat Kualitas Webcam Meningkat Drastis

Saat ini memang salah satu alat komunikasi wajib adalah video call yang tentunya mengharuskan kita sering mengaktifkan webcam. Permasalahannya adalah webcam bawaan dari setiap perangkat berbeda kualitasnya sehingga kita harus benar – benar bisa mengatur setting kualitas yang diinginkan.

Sebenarnya saat ini juga sudah banyak perangkat webcam third party murah dijual di pasaran dengan kualitas sangat baik. Kamu bisa mulai membeli di marketplace online seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Namun jika kamu masih belum bisa membeli atau masih menunggu sementara untuk membelinya, maka tips dan cara membuat kualitas webcam meningkat drastis satu ini bisa dijadikan sebagai salah satu solusi terbaik. Seperti apa sih tips dan trik yang bisa dilakukan? Mari langsung saja bahas informasinya di bawah ini.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Pengingat (Reminder) di Android Menggunakan Google Calendar

1. Settings dan Pengaturan Bawaan

Kita bisa mengoptimalkan setting dan juga pengaturan. Misalnya saja kamu memiliki sebuah kamera webcam yang jadul atau belum memiliki kualitas gambar yang baik, kamu bisa cek beberapa setting dan pengaturan bawaan.

Beberapa settings yang harus diperhatikan adalah seperti FPS dan juga kualitas video yang diberikan pada outputnya. Kami memang menyarankan tetap menggunakan perangkat webcam eksternal karena biasanya untuk setting dari webcam bawaan sangat minim.

Selain itu beberapa perangkat webcam third party ini biasanya dilengkapi dengan software gratis bawaan yang bisa digunakan untuk melakukan setting kualitas video output yang dihasilkan, misalnya saja adalah FPS, kemudian resolusi dan sebagainya. Dengan menggunakan software satu ini kita bisa masuk ke settings dan pengaturan yang membuat kita bisa utak atik sedikit sampai kualitas video seperti apa yang kita inginkan.

2. Pencahayaan

Nah ini adalah hal yang paling penting dan utama untuk para pengguna yang sering mengadakan meeting online atau bahkan orang yang melakukan streaming yaitu pencahayaan. Secara teori di dunia video dan foto memang pencahayaan adalah hal yang membuat hasil menjadi tampak luar biasa.

Untuk cara membuat kualitas webcam meningkat drastis satu ini sangatlah sederhana. Pastikan untuk adanya cahaya cukup. Saat ini sudah banyak juga berbagai perangkat yang menyediakan akses pencahayaan ini dan dijual di berbagai marketplace. Dengan pencahaayan ini kamu sudah pasti akan mendapatkan kualitas video webcam terbaik.

3. Efek Background

Kalau cara ketiga ini sebenarnya optional tapi jika berhasil diterapkan menjadi salah satu cara membuat kualitas webcam meningkat drastis yang paling worth it. Kamu bisa menggunakan background virtual yang ada di Zoom ataupun layanan vidcall lain tapi untuk lebih menarik kamu bisa menghiasi ruangan kamu ala – ala streamer. Jika kamu berhasil melakukan hal ini kamu akan mendapatkan sebuah hasil yang sangat memuaskan.

Baca Juga: Cara Membuat Bootable Flashdisk Dengan CMD dan Rufus

4. Jangan Lupakan Audio

Salah satu hal terpenting yang bisa jadi dilupakan adalah kualitas suara dan audio. Dari tadi kita sibuk menggunakan cara membuat kualitas webcam meningkat tapi lupa untuk menggunakan audio berkualitas. Hal ini juga akan membuat orang yang berkomunikasi dengan kita tidak nyaman jika kita menggunakan audio yang tidak berkualitas.

Usahakan kamu menggunakan perangkat audio seperti mic, ataupun headset, atau sebagainya yang benar – benar berkualitas. Tentu kita juga tidak perlu juga untuk membeli mic yang mahal ataupun headset yang mahal, yang terpenting adalah suara terdengar dengan jelas.

Akhir Kata

Itu dia beberapa cara membuat kualitas webcam meningkat drastis. Sebenarnya cara – cara di atas adalah metode dan langkah paling dasar dan sederhana. Kita tidak perlu perangkat mahal berharga puluhan juta dengan mengikuti informasi ini. Semoga informasi ini membantu para pembaca setia Rentetan.com ya? Apakah kamu semua masih bingung dengan informasi yang ada di sini? Coba langsung saja tanyakan pertanyaan dan masukan langsung di kolom komentar.

Ikuti juga berbagai informasi menarik lainnya bersama dengan Rentetan.com ya? Jangan lupa untuk share juga artikel ini agar semakin banyak orang bisa mendapatkan informasi menarik. Terima kasih.

Jangan Lewatkan: Cara Membuat 2 Akun Gmail Atau Lebih di Android

Comment

News Feed