by

Cara Menggunakan Kuota Belajar Telkomsel, Oredoo, XL, dan Tri 3 Lengkap!

Rentetan.com – Bingung bagaimana dengan cara menggunakan kuota belajar telkomsel, XL, Oredoo M3, dan juga Tri? Tenang di kesempatan kali ini akan kita coba bahas beberapa tips dan trik menarik untuk diikuti.

Cara Menggunakan Kuota Belajar

Di Indonesia, pandemi corona dan covid-19 ini berdampak di berbagai sektor termasuk di dunia pendidikan. Sebelumnya dunia pendidikan yang digelar secara offline bertemu di dalam kelas, saat ini masih digelar secara online. Walaupun sudah ada wacana untuk memulai membuka institusi pendidikan di tahun ini, namun nampaknya hal ini juga masih sangat simpang siur.

Pemerintah Indonesia yang bekerjasama dengan beberapa Provider populer di Indonesia memberikan akses kuota belajar sehingga memudahkan para pelajar mendapatkan akses internet gratis untuk kegiatan pedidikan.

Para pelajar ini tentunya lebih mudah mendapatkan akses kegiatan belajar mengajar online jika mengetahui cara menggunakan kuota belajar yang akan di share pada artikel kali ini. Daripada berbasa basi lagi langsung saja kita bahas lengkap di sini.

Baca Juga: 10 Aplikasi Perekam Layar PC dan Laptop Terbaik 2021

Cara Mengunakan Kuota Belajar

Program yang diadakan oleh Pemerintah ini diadakan mulai tahun 21 Agustus 2020 lalu dan sampai sekarang memang sudah berjalan dengan baik. Para pelajar mulai dari jenjag pendidikan SD – SMA serta pelajar kuliah serta mahasiswa diberikan untuk akses ke berbagai situs pendidikan.

Adapun kuota belajar ini bisa digunakan untuk beberapa aplikasi seperti Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge, AyoBlajar, Zoom, CloudX (by Telkomsel), UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, Google Meet, Google Classrom dan masih banyak situs pembelajaran online lainnya.

Lalu bagaimana sih cara menggunakan kuota belajar gratis tersebut? Pada dasarnya penggunaannya sama namun hanya berbeda provider yang sedikit membuat kita bingung.

Cara Mengaktifkan Kuota Belajar Telkomsel

Dengan Diall Call

Cara pertama dan paling mudah adalah menggunakan dial call, ikuti langkah yang ada di bawah ini:

  • Buka menu Panggilan Telepon pada perangkat mobile Android dan iOS
  • Setelah itu tekan *363*844#
  • Kemudian pilih tekan angka “1” dan kirim
  • Di sini kita akan mendapatkan akses paket 10GB kuota belajar Rp 10.
  • Lanjutkan dengan pilih “1” yaitu Beli
  • Kamu akan mendapatkan konfirmasi pembelian dan selamat kamu sudah berhasil mendapatkan kuota belajar gratis

Aplikasi My Telkomsel

Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel ini adalah cara yang termudah, kamu akan bisa mengaktifkan kuota belajar di Telkomsel hanya dengan klik dan klik.

  • Pertama tama install dan download aplikasi MyTelkomsel jika kamu belum memilikinya.
  • Setelah itu buka aplikasi dan masuk ke menu “Belanja” atau Shopping
  • Di sini lihat kategori Pendidikan. Pilih kategori tersebut
  • Pilih Kuota Belajar Rp 10.
  • Kamu akan mendapatkan akses dengan mudah.

Perlu diketahui bahwa kamu harus memiliki saldo paling tidak Rp 10 di nomor kamu ya?

Jangan Lewatkan: Viral Penampakan Hotel Niagara Malang Yang Membuat Ketakutan Pengunjung

Mengaktifkan Kuota Belajar di IM3 Oredoo

Sementara itu untuk kamu pengguna IM3 Oredoo ada beberapa cara yang bisa digunakan. IM3 Oredoo menyediakan akses sebesar 30GB dengan harga Rp 5.000. Memang tidak gratis sih, tapi dengan harga lima ribu kamu akan mendapatkan paket IMClass dengan kuota sebesar 30GB adalah sebuah potensi yang luar biasa.

Untuk mendapatkan paket data ini, kita bisa menggunakan beberapa cara dan langkah yang ada di bawah ini:

  • Buka menu Telepon di perangkat mobile
  • Setelah itu masukan kode dial call berikut ini *123*369#
  • Ikuti beberapa intruksi dan menu yang ada di dalamnya
  • Kamu sudah berhasil mengaktifkan kuota belajar di IM3 Oredoo

Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi MyIM3, dengan membeli paket yang bernama IM3Class. Sekali lagi perlu diperhatikan bahwa harga paket ini adalah Rp 5000 ya? Jadi kamu tidak bisa membelinya jika tidak memiliki pulsa.

Kuota Belajar Gratis Untuk XL Axiata

Sementara itu pelanggan setia dari XL Axiata juga memiliki sebuah program kuota gratis untuk para pelajar yang bisa didapatkan dengan pengguna kartu Axis sebesar 30GB. Sementara itu untuk paket ini masih dibagi lagi menjadi dua paket, 15GB untuk video conference yang bisa digunakan untuk aplikasi video call, sedangkan 15GB lagi untuk aplikasi edukasi.

Sementra itu untuk XL juga menyediakan fitur kuota yang bisa digunakan untuk mengakses halaman pendidikan resmi dari Kementrian Pendidikan.

Kuota Belajar Gratis Hutchison 3 Indonesia (tri)

Rincian program yang dimiliki oleh Tri adalah sebagai berikut ini:

  • 10GB untuk mengakses semua aplikasi
  • 20GB kuota pelajar untuk penunjang aplikasi pendidikan selama 24 jam selama 30 hari.

Namun kuota gratis ini hanya bisa digunakan untuk bulan pertama sementara untuk bulan selanjutnya kita harus membelinya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan kita mengenai cara menggunakan kuota belajar dari berbagai provider populer yang ada di Indonesia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu semua ya? Jangan lupa juga share untuk membagikan pengalaman kalian mendapatkan akses kuota pelajar ini. Terima kasih.

Baca Juga: Cara Menggunakan Spyic Untuk Mengetahui Pesan WhatsApp, FB, dan Lainnya!

Comment

News Feed