by

Kelebihan dan Kekurangan Skype, Aplikasi Video Call Terpopuler

Rentetan.com – Kelebihan dan Kekurangan Skype – Mulai tahun 2020 lalu aplikasi video call menjadi salah satu aplikasi wajib yang mungkin sangat sering untuk kita gunakan sehari – hari. Dalam kondisi pandemi corona dan covid-19 ini berbagai kegiatan masyarakat yang mengharuskan untuk berkumpul seperti sekolah, kuliah, dan bahkan kerja dilakukan dengan aplikasi video call sehingga memang penggunaanya meningkat.

Kelebihan dan Kekurangan Skype

Salah satu aplikasi video call terpopuler yang ada di dunia adalah Skype. Aplikasi besutan Microsoft ini menjadi salah satu aplikasi favorit. Walaupun memang benar juga ada beberapa aplikasi alternatif yang juga naik daun seperti Zoom misalnya, namun tidak bisa diragukan bahwa Skype juga menjadi salah satu pilihan terbaik kita.

Nah, kira – kira apa sih kelebihan dan kekurangan Skype? Kita akan sedikit membahas mengenai kekurangan dan kelebihan apa yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan aplikasi Skype. Daripada penasaran langsung saja kita bahas di sini.

Baca Juga: 10 Film Inspiratif Peringati International Women’s Day 2021

Kelebihan Skype

Pertama kita akan membahas mengenai kelebihan Skype sebagai salah satu aplikasi video call populer.

1. Memiliki Kemampuan Screen Sharing

Tentunya ini adalah sebuah fitur wajib bagi aplikasi video call yang digunakan untuk bisnis. Jika menggunakan aplikasi Skype para pengguna akan bisa dengan mudah sharing screen dan juga tampilan yang mereka miliki. Misalnya saja, kamu ingin melakukan presentasi dengan rekan kerja satu tim kamu bisa share screen yang kamu miliki.

Tentu sudah terbayangkan dengan kelebihan dan fitur satu ini jika kamu sering menggunakan aplikasi video call?

2. Sangat Mudah Digunakan dan Mudah Untuk Diinstall

Proses instalasi dan juga penggunaan dari Skype ini terkenal sangat mudah. Skype sendiri juga merupakan salah satu aplikasi pelopor video call yang sudah ada bertahun – tahun lalu, sehingga semakin ke sini akan semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan pasar dan pengguna.

Hanya dengan melihat tampilannya saja kita pasti tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi satu ini tanpa harus kesulitan untuk mempelajarinya. Jadi untuk bisa menggunakannya dengan lancar tidak perlu mempelajari dengan susah payah.

3. Panggilan Video Grup

Salah satu fitur terbaik dan kelebihan Skype menurut kami adalah fitur Group Video Call satu ini. Mungkin kamu akan melihat perbedaan dengan Zoom misalnya yang harus memiliki akun premium untuk menggunakan panggilan video group dengan fiturnya yang disebut dengan Break Out Rooms.

Sementara itu untuk group video call di Skype ini kita tidak perlu mengkhawatirkan mengenai tambahan biaya langganan dan lain sebagainya.

4. Biaya Berlangganan Yang Cukup Terjangkau

Berbicara mengenai biaya berlangganan, dibandingkan dengan beberapa aplikasi video call yang ada di pasar lainnya, Skype juga terbilang sangat terjangkau. Sebenarnya ada beberapa perbedaan harga yang dimiliki oleh layanan Skype ini. Namun rata – rata, skype memiliki layanan harga berlangganan sekitar 2.99 USD perbulannya. Cukup murah bukan? Jadi untuk digunakan sebagai bisnis tentunya kita tidak akan menguras terlalu banyak kantong.

5. Pengembangan Fitur Yang Terus Dilakukan

Microsoft bekerja dengan sangat baik untuk merawat dan mengembangkan berbagai fitur yang ada di dalam aplikasi video call satu ini. Sehingga salah satu kelebihan Skype yang paling utama adalah mendapatkan perkembangan update yang sangat cepat. Kamu bisa mendapatkan fitur – fitur baru untuk digunakan dalam pekerjaan sehari – hari.

Baca Juga: Aplikasi Video Call Terbaik Untuk Android 2020

Kekurangan Skype

Tentu saja pembahasan kelebihan dan kekurangan Skype ini harus kita lengkapi dengan beberapa kekurangan yang ada. Nah seperti apa sih kekurangan dari Skype? Mari kita lihat beberapa daftar yang ada di bawah ini.

1. Kualitas Suara Yang Terlihat Kurang Baik

Dibandingkan dengan pesaingnya, kualitas suara dari layanan Skype ini terlihat sangat kurang. Hal ini menjadi salah satu kekurangan utama dari Skype karena memang di Indonesia sendiri koneksi internet juga masih sangat lambat. Jika kita tidak memiliki layanan provider yang cepat kita akan kesulitan untuk mendapatkan fitur optimal di aplikasi satu ini.

2. Noise dan Gangguan Suara Yang Menyebalkan

Tingkat sensitivitas dari Skype ini juga sangat baik namun hal ini sekaligus menjadikan sebuah kekurangan yang bisa membuat kita tidak nyaman. Suara kecil saja bisa menjadi salah satu batu sandaran dan juga pengganggu. Dan untuk filtering suaranya juga terbilang masih cukup tertinggal jauh dengan para pesaingnya misalnya saja Zoom.

3. Sejarah Down Berhari Hari

Tercatat pada tahun 2007 yang lalu, Skype tidak bisa digunakan selama 48 jam, dan kemungkinan besar hal ini bisa terjadi lagi. Tentunya sebuah produk berbasis SaaS ini akan sangat berkurang kualitasnya jika sampai tidak bisa digunakan selama 2 hari berturut – turut.

Tentu saja kita masih belum tahu apakah Microsoft sudah membuat cara backup server atau infrastruktur mereka untuk mengurangi resiko ini terjadi. Jadi sampai sekarang kita masih harus memastikannya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan kita mengenai kelebihan dan kekurangan Skype yang bisa kita bahas dan jelaskan di sini. Semoga informasi ini membantu kamu untuk sedikit mendapatkan gambaran mengenai aplikasi video call yang satu ini. Bagaimana? Apakah kamu menemukan kelebihan dan kekurangan dari aplikasi satu ini? Jika iya langsung saja tambahkan di kolom komentar ya?

Baca Juga: 10 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis Yang Layak Dicoba di Tahun 2021

Comment

News Feed