by

Cara Melanjutkan Download di Chrome Ketika Gagal Download

Rentetan.comArtikel kali ini akan membahas tips dan trik, cara melanjutkan download di Chrome ketika mengalami kegagalan pengunduhan.

Cara Melanjutkan Download di Chrome

Seperti yang kita tahu bahwa salah satu browser yang paling banyak digunakan saat ini adalah Chrome. Browser besutan Google ini mampu memberikan kelebihan dan fitur yang sangat banyak sehingga cukup digemari oleh masyarakat dan juga pengguna internet.

Nah, terkadang kita menggunakan Google Chrome ini untuk berbagai macam tujuan termasuk salah satunya adalah download file – file tertentu. Permasalahan yang sering kita dapatkan saat melakukan download di Google Chrome adalah koneksi internet.

Terutama di Indonesia, koneksi internet selalu tidak bisa ditebak, terkadang bisa sangat cepat dan terkadang bisa selambat siput. Nah, jika kita sedang melakukan download di Chrome, ini menjadi sebuah halangan terbesar yang menyebabkan kita mengalami kegagalan dalam pengunduhan file.

Baca Juga: Kumpulan Ringtone iPhone: Download Ringtone Untuk Para Pengguna Android

Penyebab Kegagalan Download

Sebenarnya ada penyebab lainnya yang menyebabkan kita mengalami kegagalan saat download file di browser Chrome. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Web Server tidak mengijinkan kita untuk download atau melanjutkan proses sehingga memaksa kita harus memulai dari awal.
  • Koneksi internet lemot atau lambat atau server yang kelebihan muatan, sehingga menyebabkan kegagalan.
  • Sumber file korup atau rusak. Dalam kasus ini, kamu akan mengalami kegagalan download bahkan jika tidak ada masalah pada koneksi internet.

Cara Melanjutkan Download di Chrome

Google Chrome sendiri menggunakan sebuah buil-in download manager sehingga kamu bisa melihat semua file yang kamu download. Mulai dari file yang sedang berlangsung proses downloadnya sampai dengan, file yang gagal download dan sebagainya.

Catatan: Seperti yang sudah dijelaskan bahwa untuk beberapa website tidak memperbolehkan kita untuk melanjutkan proses download. Jadi tidak ada cara lain untuk mengulanginya dari awal.

Berikut ini adalah beberapa cara melanjutkan download di Chrome dengan cara yang cukup mudah dan juga bisa dilakukan oleh kebanyakan orang. Langsung saja kita simak dan perhatikan informasi lengkapnya di bawah ini.

Menggunakan Download Manager di Chrome

Nah, kita juga sudah membahas bahwa Chrome memiliki built-in download manager yang memudahkan kita untuk mengatur file – file download dengan mudah.

Kamu bisa masuk ke download manager Chrome dengan menekan tombol CTRL + J atau pilih menu Options dan pilih menu downloads.

Ketika sudah masuk ke dalam download manager ini akan ada sebuah pilihan Resume, jika download kita terhenti atau terganggu oleh suatu hal. Setelah kamu klik pada bagian resume tunggu sebentar dan kamu sudah bisa melanjutkan download.

Itu adalah cara melanjutkan download di Chrome termudah yang bisa kamu gunakan tanpa harus menggunakan tools dan aplikasi tambahan.

Melanjutkan Download Dengan Wget

Selanjutnya ad acara lain yang mungkin bisa kamu coba untuk gunakan, yaitu dengan mencoba menggunakan Wget. Sebuah tools gratis berguna untuk dijadikan sebagai tools download. Wget sangat populer digunakan jika internet yang kita miliki sangatlah lambat. Jika kita mengalami sebuah kegagalan dalam download, tools ini akan mencoba untuk tetap”mencoba” download sampai semua file terdownload.

Tapi ada beberapa hal yang harus di setting terlebih dahulu sebelum kamu melakukan cara melanjutkan download di Chrome menggunakan Wget. Agar lebih jelas bisa ikuti beberapa langkah berikut ini (cara ini menggunakan OS Windows 10).

  • Masuk ke Control Panel > System dan pilih Advanced System Settings.
  • Pada windows baru yang terbuka pilih Environment Variables.  
  • Pilih pada bagian Path di bawah menu System Variables dan klik Edit.
  • Selanjutnya klik tombol New yang ada di bagian atas sebelah kanan. Dan masukan “C:\Users\[User Name]\Downloads\wget.exe”path yang ada pada instalasi Wget kalian.
  • Klik OK
  • .Setelah itu buka Command Prompt dan ketikan “wget -h” untuk mencoba dan memastikan bahwa sudah bekerja dengan baik.

Untuk cara melanjutkan download dengan Wget kamu bisa menggunakan command “wget -c -O “[file-path-of-the-target-download-file]””[website-URL]”.

Baca Juga: Tidak Bisa Download Di Playstore Android? Berikut Ini Cara Mengatasinya!

Third Party Download Manager

Ada satu lagi cara melanjutkan download di Chrome yang bisa kamu gunakan yaitu menggunakan aplikasi third party. Salah satu dari aplikasi yang sangat populer adalah Internet Download Manager. Di sini kamu tidak perlu lagi menggunakan cara sulit seperti menggunakan command prompt dan sebagainya. Kamu hanya perlu menggunakan akses aplikasi satu ini.

Akhir Kata

Itu dia beberapa cara melanjutkan download di Chrome yang bisa kamu gunakan. Semoga informasi ini bisa menjadi salah satu panduan terbaik untuk kamu gunakan ya? Jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih banyak orang yang bisa menjalankan akses downloadnya. Terima kasih.

Baca Juga: Cara Mengetahui Nomor Telepon Tidak Dikenal Di Hp Android

Comment

News Feed