by

Cara Mengatur Notifikasi Android Untuk Kegiatan Lebih Produktif

Rentetan.com – Terkadang notifikasi android sangatlah mengganggu produktifitas para penggunanya, dan berikut ini adlaah cara mengatur notifikasi android sehingga pengguna bisa lebih produktif.

Cara Mengatur Notifikasi Android Untuk Kegiatan Lebih Produktif

Di jaman teknologi saat ini, notifikasi bersifat 24 jam nonstop. Entah siapapun kita, biasanya kita terekspos oleh notifikasi perangkat mobile setiap harinya, dan bukan hanya 1 dua kali bahkan berpuluh – puluh kali dalam 1 hari 24 jam.

Kita bisa menggunakan sebuah solusi dengan fitur Do Not Disturb, tapi tampaknya solusi satu ini bukanlah sebuah solusi yang terbaik. Tentunya kita akan kehilangan beberapa notifikasi penting yang akan membuat kita kehilangan kesempatan. Tenang saja karena sebenarnya Android sendiri memiliki berbagai cara mengatur nofitikasi Android untuk kegiatan yang lebih produktif.

Kamu bisa membaca informasi yang ada di sini untuk mengatur berbagai notifikasi yang bisa kita atur memastikan bahwa kita menyusunnya sesuai dengan prioritas kita. Daripada penasaran dengan beberapa informasi yang ada di sini, mari kita langsung saja bahas satu persatu.

Baca Juga: Aplikasi Keyboard Android Terbaik: Top 10 di Tahun 2021

Matikan Notifikasi Pada Aplikasi Tertentu

Menurut kami cara mengatur notifikasi android dengan mematikan di aplikasi ini adalah salah satu solusi yang paling mudah dan juga terbaik. Kita harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa prioritas penggunaan aplikasi satu ini. Jika kita sudah menentukan prioritas kita bisa langsung mematikan beberapa notifikasi yang tidak penting.

Untuk langkah – langkah mematikan aplikasi tertentu adalah sebagai berikut ini:

  • Masuk ke Settings > Apps & Notifications
  • Di sini kamu bisa matikan berbagai aplikasi yang notabene bukan merupakan prioritas utama
  • Misalnya saja kamu bisa mematikan notifikasi dari aplikasi seperti VIU, Netflix, Spotify, dan lain sebagainya

Cara pertama ini sangat efektif namun juga membutuhkan penentuan aplikasi mana yang tepat untuk kita hidupkan atau kita matikan. Semuanya tergantung dari kita menentukan aplikasi mana yang layak untuk tetap kita pertahankan atau akan kita matikan.

Silence Notifikasi Yang Tidak Penting

Selain itu ada juga cara untuk melakukan silence di beberapa aplikasi yang tidak penting. Kita tahu bahwa tujuan dari notifikasi adalah mengambil alih “perhatian” kita agar tertuju pada perangkat kita sehingga akhirnya kita membuka aplikasi dan software tertentu.

Cara mengatur notifikasi android selanjutnya adalah dengan mengatur untuk melakukan silence notifikasi dengan mengubah setting hening di perangkat mobile android kita. Tergantung di beberapa perangkat, kita bisa swipe down menu bar dan langsung klik logo silence. Di beberapa perangkat seperti Android 11, kita sudah secara otomatis tidak menampilkan notifikasi.

Jangan Lewatkan: Cara Menggunakan Spyic Untuk Mengetahui Pesan WhatsApp, FB, dan Lainnya!

Snooze Notifikasi Untuk Dibaca Jika Ada Waktu Luang

Kamu bisa menggunakan fitur Snooze untuk cara mengatur notifikasi android selanjutnya. Cara ini sangat efektif jika kita sangat sibuk dengan pekerjaan kita sehari – hari. Jika dirasa notifikasi yang kita dapatkan cukup penting dan memang ingin kita baca, kita bisa menggunakan snooze untuk membacanya ketika kita sudah memiliki waktu luang yang banyak.

Masuk ke bagian Apps and Notifications, di bagian settings, dan kamu bisa klik pada Advance selanjutnya kamu bisa langsung drag beberapa aplikasi yang ingin dimasukan ke Snooze. Selamat mencoba!

Catatan: di setiap setting berbeda untuk perangkat dengan pabrikan dan merek tertentu. Sebagai contoh MIUI tidak menyediakan fitur ini.

Lihat Setting di Dalam Aplikasi

Khusus untuk beberapa aplikasi seperti WhatsApp misalnya, ada cara mengatur notifikasi android jitu yang bisa coba kamu gunakan. Terkadang kita masuk ke dalam banyak grup di WhatsApp. Jadi misalnya untuk kamu yang terganggu beberapa grup whatsapp yang tidak penting atau tidak berhubungan dengan pekerjaan bisa langsung Mute di bagian grup tersebut.

Hal serupa juga berlaku untuk beberapa aplikasi lainnya termasuk Telegram dan berbagai aplikasi chatting lainnya. Jadi silakan sesuaikan dengan kebutuhan untuk menggunakan cara mengatur notifikasi android satu ini.

Akhir Kata

Demikian pembahasan kita untuk tips dan trik kali ini. Semoga informasi ini membantu kamu mengatasi permasalahan notifikasi di perangkat android yang menganggu. Penting juga untuk kita memprioritaskan apa yang penting dan tidak saat ingin melakukan setting dengan cara – cara yang ada di atas. Selamat mencoba dan semoga membantu ya?

Baca Juga: Fakta Monkey D. Dragon Karakter Yang Masih Misterius

Comment

News Feed