by

Kabar Buruk! Yahoo Answer Akan Ditutup Permanen 4 Mei 2021

Rentetan.com – Akhir cerita dan perjalanan panjang dari Yahoo Answer sudah ditunjukan dengan beberapa pengumuman resmi salah satu perusahaan teknologi ini.

Yahoo Answer Akan Ditutup Permanen 4 Mei 2021

Yahoo Answer, salah satu platform tanya-jawab yang notabene merupakan salah satu platform yang sangat lama beredar di internet kabarnya akan ditutup secara permanen pada 4 Mei 2021. Tentu, pada hari penutupan ini Yahoo Answer akan dialihkan atau dalam bahasa kerennya redirect ke halaman utama Yahoo.

Yahoo yang merupakan bagian dari Verizon Media Group ini diakuisisi dengan nilai 5 milyar USD pada tahun 2017 ini mengumumkan melalui sebuah pemberitahuan di halaman utama Yahoo Answer akan mulai ditutup secara bertahap.

Dalam pemberitahuan tersebut dikatakan bahwa Yahoo akan menutup layanan Yahoo Answer pada 4 Mei 2021, yang akan mulai dilakukan secara bertahap mulai 20 April 2021. Di tahap pertama ini plaform tanya-jawab yang sempat populer ini hanya bisa digunakan untuk read mode alias mode baca saja.

Baca Juga: Animeindo Apk Terbaru, Aplikasi Nonton Anime Gratis Sub Indo 2021

Yahoo Answer Ditutup Pada 4 Mei 2021

Dalam penjelasan tersebut juga dimasukan sebuah bagian FAQ yang membicarakan mengenai bagaimana proses penutupan dari layanan mereka. Berikut ini adalah pembahasan FAQ yang mungkin bisa kita lihat lebih dekat.

Kapan Proses Penutupan Dimulai?

Penutupan sendiri dibagi menjadi dua timeline:

  • 20 April 2021: Pengguna tidak akan bisa melakukan posting dan edit di Yahoo Answer termasuk memasukan pertanyaan serta menjawab pertanyaan.
  • 4 Mei 2021: Website tidak akan bisa diakses. Dan jika para pengguna mencoba untuk mengaksesnya maka akan dialihkan ke halaman utama Yahoo.

Akankah Berpengaruh Dengan Akun Yahoo atau Layanan Yahoo Lainnya?

Tidak, perubahan ini hanya khusus untuk Yahoo Answer. Sehingga tidak akan berakibat pada akun Yahoo dan juga layanan lainnya.

Dimana Para Pengguna Bisa Menanyakan Pertanyaan Untuk Masa Yang Akan Datang?

Para pengguna dianjurkan untuk menggunakan Yahoo Search untuk menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin muncul. Yahoo juga memberikan beberapa penjelasan mengenai informasi spesifik seperti COVID dan sebagainya.

Apakah Pengguna bisa download Konten Yahoo Answer?

Ya, para pengguna bisa download konten mereka sebelum 30 Juni 2021. Caranya bisa dicek dengan halaman resmi untuk download data.

Konten Apa Saja Yang Bisa Di Download?

Untuk isi dari konten tentunya adalah user-generated content termasuk list pertanyaan, dan jawaban serta berbagai gambar yang ada di dalamnya. Namun perlu diketahui bahwa pengguna tidak bisa download konten dari pengguna lainnya.

Baca Juga: Cara Batalkan Registrasi Kartu Lengkap Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Smartfren

Apakah Harus Pengguna Harus Download Konten?

Terkait penutupan Yahoo Answer ini, Yahoo menjawab bahwa download konten pertanyaan ini bersifat optional dan tidak wajib. Data akan secara otomatis dihapus secara permanen setelah 30 Juni 2021, jadi untuk kamu yang ingin download harus melakukan request sebelum tanggal yang sudah ditentukan.

Kapan Pengguna Bisa Mendapatkan Konten Yang Ada di Yahoo Answer?

Yahoo menjawab juga bahwa tim development mereka bekerja secepat mungkin untuk menyediakan konten data, namun menurut mereka bisa saja akan memakan waktu 30 hari untuk menerima akses download ini.

Bagaimana Cara Melihat Konten Setelah Melakukan Download?

File download ini akan berbentuk format JSON (JavaScript Object Notation) dan mungkin akan cukup sulit untuk dilihat bagi orang yang tidak memiliki basic IT. Yahoo memberikan sebuah panduan khusus untuk ini.

Bagaimana para Pengguna Bisa Sharing Feedback Untuk Penutupan Yahoo Answer ini?

Bisa dengan cara menghubungi langsung halaman dan kontak resmi di [email protected]

Akhir Kata

Mungkin penutupan ini adalah sebuah jalan yang terbaik, karena memang untuk isi dari tanya-jawab di platform ini juga sekarang sudah tidak terlalu “bagus” jika dibandingkan dengan platform seperti Quora misalnya. Menurut The Verge juga isi dari tanya-jawab di luar sana juga terlalu banyak teori – teori konspirasi yang tidak masuk akal sehingga memang sudah selayaknya untuk ditutup.

Bagaimana nih pendapat kalian? Apakah Yahoo Answer menjadi salah satu platform yang layak untuk ditutup? Atau tidak? Langsung masukan pendapat kalian di kolom komentar ya? Jangan lupa untuk terus ikuti informasi menarik lainnya bersama dengan Rentetan.com. Terima kasih.

Baca Juga: Cara Menghapus Other Storage di iPhone Lengkap!

Comment

News Feed