by

Poin Larangan Mudik 2021 Yang Harus Diketahui Masyarakat

Rentetan.com – Lebaran sebentar lagi, seperti bunyi bunyian iklan yang mungkin sering kita lihat, Ramadhan kali ini sedikit berbeda karena Larangan Mudik 2021 yang sudah resmi dilayangkan oleh Pemerintah Indonesia.

Poin Larangan Mudik 2021 Yang Harus Diketahui Masyarakat

Pemerintah secara resmi melarang kegiatan tahunan yang sudah menjadi salah satu budaya di Indonesia yaitu mudik. Melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto tentang pengendalian transportasi pada masa mudik Idul Fitri ini.

Peraturan ini berisi mengenai larangan mudik 2021 berisi mengenai pembatasan larangan mulai 6-17 Mei 2021. Peraturan ini diputuskan setelah hasil pertimbangan kasus Corona dan Covid-19 yang masih sangat tinggi angka penularannya di Indonesia, dan beberapa kasus yang berkorelasi serta berhubungan dengan libur panjang beberapa waktu lalu.

Sementara itu dilansir dari PMJ News, dalam keputusan larangan mudik 2021 ini ada beberapa poin yang harus diperhatikan oleh masyarakat. Berikut ini adalah beberapa poin tersebut.

Baca Juga: Internet Positif, Pengertian, Dan Cara Akses Internet Positif (Work 100%!)

#1: Pembatasan Tanggal dan Waktu

Poin pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai tanggal dan waktu pelarangan yang akan diberlakukan selama 12 hari mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021. Dalam jangka waktu tersebut masyarakat Indonesia dianjurkan untuk tidak melakukan kegiatan yang berpotensi untuk menularkan covid-19.

#2: Poin Larangan Mudik 2021 Berkaitan Dengan Cuti Bersama

Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri nomor 642 Tahun 2021 sudah menentukan cuti bersama lebaran 2021, dan juga hari libur di tahun 2021 ini dikurangi dari sebelumnya menjadi satu hari saja sehingga kita tidak bisa untuk mendapatkan masa liburan lebih agar tidak terjadi hal yang berpotensi juga untuk menularkan virus corona.

#3: Tidak Hanya Untuk ASN

Beberapa waktu yang lalu peraturan ini hanya dikaitkan dengan ASN atau pegawai Aparatur Sipil Negara, namun Pemerintah akhirnya menegaskan bahwa untuk larangan mudik 2021 ini berlaku untuk semua kalangan. Semua orang baik itu pekerja BUMN, TNI-Polri, Karyawan Swasta maupun pekerja mandiri pun tetap tidak bisa melanggar peraturan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Indonesia secara resmi.

#4: Pelarangan Bepergian

Selama jangka waktu yang sudah ditentukan ini, Pemerintah sekali lagi melarang untuk seluruh masyarakat Indonesia. Sementara itu untuk sanksi pelanggaran sendiri masih akan dibahas oleh berbagai pihak berwajib seperti Kemenhub dan sebagainya.

Baca Juga: Game Android Tema Ramadhan Teman Ngabuburit

#5: Ada Pengecualian

Pemerintah Indonesia memberikan pengecualian terhadap beberapa kondisi dimana Larangan Mudik 2021 bisa dilewati dan dianggap tidak berlaku.

Beberapa diantaranya adalah pegawai ASN dan BUMN yang sedang melakukan perjalanan dinas, Adapun harus disertai dengan surat tugas yang ditandangani secara resmi oleh minimal pejabat eselon 2 bagi ASN dan BUMN.

Sedangkan untuk masyarakat, sendiri harus disertai dengan keterangan Kepala Desa dengan mencantumkan keperluan mendesak yang ada.

#6: Larangan Mudik 2021 dan Kegiatan Keagamaan

Untuk peraturan Pemerintah Indonesia seputar mudik ini hanya mengatur moda trasnportasi sementara untuk kegiatan keagamaan sendiri diseragkan kepada Kemenag yang akan bekerjasama dengan berbagai organisasi lainnya seperti MUI. Jadi untuk peraturan mengenai kegiatan keagamaan masih akan dibahas selanjutnya oleh organisasi dan pihak terkait.

#7: Pengawasan Dan Penindakan

Dalam wacana yang sudah diberikan, akan diberikan pengawasan dan penindakan kepada orang – orang selama masa berlaku dari peraturan yang sudah diberikan. Pemerintah Indonesia memberlakukan pengawasan lalu lintas batas dengan koordinasi dengan Kemenpan RB, Kemendagri, Kemenhub, TNI-Polri dan juga Satgas Covid-19.

#8: Bantuan Sosial Lebaran 2021

Sementara itu, terkait dengan Bansos Lebaran 2021, rencananya akan dimulai bulan Mei 2021. Bansos sendiri di wilayah Jabodetabek akan mulai diberikan pada minggu pertama dan awal minggu kedua bulan Mei 2021.

Akhir Kata

Itu adalah poin – poin larangan mudik 2021 yang perlu disimak dan juga diketahui oleh masyarakat Indonesia. Sebaga masyarakat Indonesia hendaknya kita mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan guna mencegah penyebaran covid-19 dan juga sebagai keamanan serta kenyamanan bersama.

Pelarangan mudik ini dimulai pada 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021 dimana semua pergerakan transportasi di Indonesia akan dipantau secara ketat oleh Pemerintah Indonesia.

Baca Juga: One Piece: Fakta Akainu (Sakazuki) Yang Mungkin Harus Diketahui Oleh Penggemar

Comment

News Feed