by

Sejarah Panjang TMII (Taman Mini Indonesia Indah) Yang Kini Dikelola Oleh Pemerintah

Rentetan.com – Taman Mini Indonesia Indah atau TMII adalah sebuah wahana rekreasi budaya yang terletak di Indonesia, tepatnya di Jakarta Timur, Kota Jakarta. Belakangan ini TMII sedang hangat diperbincangkan setelah Pemerintah Indonesia mengambil alih pengelolaan TMII dari Yayasan Harapan Kita.

Sejarah Panjang TMII (Taman Mini Indonesia Indah) Yang Kini Dikelola Oleh Pemerintah

Yayasan Harapan Kita sendiri merupakan sebuah Yayasan yang diisi oleh sejumlah keluarga dan putra – putri Presiden ke dua RI, Soeharto. Pengambilalihan ini tercantum dalam sebuah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 yang ditandatangai oleh Presiden Jokowi pada 31 Maret 2021.

Seperti apa sih sejarah TMII ini? Dan bagaimana informasi menarik yang bisa kita dapatkan. Mari kita bahas lebih lengkap.

Baca Juga: Cara Daftar Paket Data Smartfren Lengkap Dengan SMS, Aplikasi, dan Sebagainya!

Sejarah TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Mulai April 2021, Taman Mini Indonesia sendiri sudah diambil alih oleh Pemerintah Indonesia setelah sebelumnya dikelola oleh Yayasan Harapan Kita. Yayasan ini didirikan oleh Siti Hartinah yang merupakan istri dari Presiden Soeharto.

TMII sendiri berdiri di atas tanah seluas 100 hektar, dengan tema kehidupan yang ada di Indonesia. Tempat wisata satu ini bisa dibilang sebagai taman yang menggambarkan kehidupan Indonesia secara umum dimana terdapat berbagai ciri khas dari setiap daerah yang ada di negara kita tercinta.

Pertama kali bermula dari 25 paviliun di tahun 1975, setiap paviliun sendiri menyediakan tempat dengan ciri khas daerah di negara Indonesia. Sampai saat ini tentu sudah ada 30 an lebih sesuai dengan provinsi yang ada di Indonesia.

Ide pembentukan Taman Mini Indonesia Indah sendiri disampaikan oleh Ibu Siti Hartinah, yang lebih dikenal sebagai Tien Soeharto. Konsep yang dimiliki oleh Ibu Tien ini adalah sebuah wahana rekreasi yang bisa menjadi salah satu wahana kreasi mewakili kebudayaan Indonesia dari sabang sampai Merauke.

Akhirnya sebuah proyek bernama Proyek Miniatur Indonesia dimulai oleh Yayasan Harapan Kita di tahun 1972. Konsepnya adalah wahana rekreasi dengan inspirasi yang bersumber dari kekayaan alam dan budaya lokal Indonesia.

Lokasi Menarik

Salah satu daya tarik yang paling ditonjolkan di Taman Mini adalah bangunan paviliun yang didesain sesuai dengan setiap provinsi yang ada di Indonesia. Bisa dibilang setiap provinsi dibangun model miniatur rumah adat dengan sangat realistis.

Lokasinya sendiri terletak di dekat sebuah danau yang juga menggambarkan negara kepulauan Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. Di sekitar danau ini kita akan melihat rumah adat provinsi tertentu misalnya Rumah Gadang, Joglo dan lain sebagainya.

Selain rumah adat, TMII juga memberikan sebuah pameran untuk pakaian adat dan tradisional untuk acara – acara resmi. Mulai dari acara adat, pernikahan, dan berbagai upacara penting di setiap daerah. Hingga saat ini ada 34 spot yang bisa kita kunjungi dengan gambaran kebudayaan yang beragam di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Area dan juga pengembangan pun terus dilakukan dimana saat ini ada sebuah bangunan serta pavilion baru yang berhubungan dengan masyarakat keturunan Tionghoa dengan budaya yang sangat menarik untuk kita lihat lebih dekat.

Baca Juga: Nonton Anime Tokyo Revengers (2021) Sub Indo, Full Episode Gratis

Wahana Menarik Lainnya

Di dalam TMII dengan luas tanah lebih dari 100 hektar tentu masih banyak hal yang bisa dikunjungi. Misalnya ada sebuah Theater Keong Mas, kemudian berbagai jenis Museum mulai dari museum POS Indonesia sampai dengan museum Serangga. Ditambah lagi ada juga beberapa wahana yang paling disukai oleh anak – anak seperti Kereta Mini, Kereta gantung, sepeda air dan sebagainya.

Bisa dibilang Taman Mini Indonesia Indah ini merupakan paket lengkap untuk liburan dan wahana rekreasi untuk keluarga. Fasilitas lainnya yang mungkin bisa kita dapatkan adalah seperti tempat Taman bersantai mulai dari taman legenda yang menceritakan mengenai dinosurus dan berbagai hewan purba lainnya.

Harga Tiket Masuk TMII

Harga tiket TMII tergolong cukup murah dan juga saat ini disediakan secara online juga untuk pembelian tiket sehingga kita bisa booking jauh hari sebelum melakukan perjalanan wisata. Tiket masuknya dipatok dengan harga perorang Rp 20.000,-. Tiket ini dipatok secara flat sehingga kamu tetap tidak akan mendapatkan perbedaan ketika masuk ke dalam Kawasan TMII di akhir pekan, weekdays, ataupun masa liburan lainnya.

Namun saat ini TMII juga sedang dibatasi karena masih adanya Covid-19 sehingga tidak bisa dikunjungi secara sembarangan. Kita harus tetap mematuhi prosedur Kesehatan yang berlaku dan ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

Jangan Lewatkan: Fakta Kuyhaa, Situs Download Software Windows Gratis Populer Indonesia!

Comment

News Feed