by

Cara Mengubah Hp Android Menjadi CCTV Mudah dan Gratis!

Rentetan.com – Jika kamu memiliki sebuah smartphone atau hp android jadul, mungkin cara mengubah hp android menjadi CCTV ini bisa dijadikan sebagai tips dan trik agar, perangkat kamu tetap berguna dan bisa untuk digunakan.

Cara Mengubah Hp Android Menjadi CCTV Mudah dan Gratis

Kamu bisa nih untuk mengubah hp android lama kamu menjadi CCTV untuk dijadikan sebagai salah satu sarana keamanan yang ada di dalam rumah. Sebenarnya saat ini sudah ada banya jenis CCTV atau kamera keamanan yang sangat beragam.

Kamu bisa membeli CCTV atau kamera keamanan ini di berbagai marketplace online dimana untuk masalah harga tentunya sangatlah beragam dan beraneka ragam. Jika kamu mau mencoba membuat sebuah kamera CCTV dengan hp android bekas yang sudah tidak terpakai, metode dan langkah ini cocok nih untuk kamu gunakan.

Baca Juga: Hp Android Mati Sendiri? Berikut Adalah Cara Mengatasinya Dan Beberapa Penyebabnya

Cara Mengubah Hp Android Menjadi CCTV

Langkah 1: Gunakan Aplikasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk cara mengubah hp android menjadi CCTV adalah menginstall alikasi yang mendukung akses untuk fitur seperti local streaming, cloud streaming, recording dan sebagainya.

Silakan saja cari berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store pastinya kamu akan mendapatkannya dengan mudah, karena sangat banyak aplikasi berjenis satu ini. Ada baiknya juga kamu mencoba satu persatu, kira – kira mana yang paling cocok untuk digunakan sebagai pilihan terbaik.

Sebagai contoh aplikasi yang mungkin bisa digunakan adalah Alfred. Aplikasi ini multiplatform dan bisa digunakan untuk perangkat iPhone dan juga Android. Setelah itu install juga aplikasi ini ke hp yang ingin kamu gunakan sebagai monitor.

Kira – kira langkah jelasnya seperti ini:

  • Install terlebih dahulu aplikasi Alfred di perangkat hp android lama dan baru kamu.
  • Setelah itu gunakan smartphone kamu yang digunakan sehari – hari. Masuk ke aplikasi dan Start > Viewer dan Next.
  • Setelah itu kamu akan disuruh untuk login, gunakan akun Google untuk lebih mudahnya.
  • Ulangi cara yang sama di perangkat Hp Android yang akan dijadikan kamera CCTV.

Ketika kedua smartphone sudah terhubung ke dan terlogin di Alfred, kamu sudah bisa menggunakan perangkat ini untuk setting CCTV.

Langkah 2: Tempatkan Hp Android Lama Ke Tempat Yang Ingin Diawasi

Setelah setting cara mengubah Hp Android menjadi CCTV di atas sudah berjalan dengan baik, maka kita tinggal tempatkan hp ke posisi yang ingin diawasi. Di sini kamu membutuhkan kreativitas dan juga imajinasi yang kuat untuk menempatkan hp dengan baik dan kokoh.

Jangan lupakan juga bahwa hp android kamu harus tetap menyala dalam kondisi siaga sehingga membutuhkan sumber listrik atau power. Pastikan untuk menggunakan beberapa perangkat bantuan lainnya seperti tripod dan sebagainya.

Coba Juga: 6 Cara Mudah Merawat HP Android dan iPhone Barumu!

Langkah 3: Pastikan Pemasangan Kokoh

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pemasangan smartphone sebagai CCTV sendiri lebih sulit untuk dilakukan. Hal ini karena smartphone tidak di desain sebagai CCTV yang bisa dipasang di berbagai tempat, terutama tempat – tempat yang tidak kelihatan sekilas. Nah, untuk itu kamu tetap membutuhkan beberapa mounting hp android.

Kamu harus menggunakan berbagai akal untuk memastikan pemasangan kokoh dan sebisa mungkin di tempat yang tidak kelihatan oleh orang biasa dalam sekilas. Di tambah lagi kita juga harus memikirkan power atau sumber listrik untuk menyokong perekaman tetap berjalan selama 24 jam nonstop.

Akhir Kata

Demikian pembahasan kita mengenai cara mengubah Hp Android menjadi CCTV dengan biaya seminimal mungkin. Sebenarnya kami tidak merekomendasikan cara di atas karena saat ini ada banyak kamera keamanan atau security cam yang sudah terbilang sangat murah kok.

Jadi akan lebih baik jika membeli kamera ini di berbagai marketplace ataupun toko yang ada di sekitar tempat tinggal kamu. Dengan menggunakan kamera CCTV yang benar – benar sudah di desain sesuai kebutuhan kamu tidak akan kesulitan untuk proses instalasinya.

Bagaimana? Apakah kamu setuju dengan pendapat di atas? Namun jika ingin mencoba tips dan trik yang ada di atas, langsung saja coba sekarang ya? Siapa tahu kamu bisa mengembangkannya ke jalur bisnis baru. Terima kasih.

Jangan Lewatkan: Aplikasi HT Terbaik Untuk Android, Komunikasi Tim Jadi Gampang!

Comment

News Feed