by

Cara Memperpanjang SIM Online Dengan Aplikasi SINAR

Rentetan.com – Dengan Aplikasi SINAR (SIM Presisi Nasional), cara memperpanjang SIM Online bisa dilakukan dengan mudah. SIM Online sendiri sudah seharusnya menjadi salah satu produk dan juga layanan yang sudah ada di tahun ini, dimana sekarang ini teknologi sudah sangat berkembang pesat.

Cara Memperpanjang SIM Online Dengan Aplikasi SINAR

Menurut Korlantas Polri, layanan SIM Online melalui Aplikasi SINAR ini sudah dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan pembuatan SIM, atau perpanjangan SIM tanpa harus tatap muka. Berdasarkan dari keterangan Kepala Sub Direktorat SIM Korps Lalu Lintas Polri Komisaris Besar Jati, seperti dilansir dari detikoto, peluncuran Aplikasi SINAR ini akan dilakukan pada 13 April 2021.

Sebelumnya rencana peluncuran akan dilakukan pada 12 April 2021, namun harus ditunda dan dipastikan mundur satu hari yaitu pada hari Selasa, 13 April 2021.

Baca Juga: Cara Menampilkan Presentase Baterai di iPhone

Cara Memperpanjang SIM Online

Nantinya kita bisa dengan mudah untuk menggunakan Aplikasi SINAR untuk kebutuhan dan cara memperpanjang SIM Online. Pemohon yang akan membuat SIM A dan SIM C bisa langsung download dan unduh aplikasi mobile bernama SINAR (SIM Presisi Nasional) melalui Apple App Store ataupun Google Play Store.

Dengan menggunakan ini permohonnan pembuatan serta perpanjangan SIM A dan C tidak harus pergi ke kantor SATPAS SIM yang ada di daerah masing – masing. Sayangnya, aplikasi ini hanya baru berisi layanan perpajangan SIM A dan C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori sim secara online, layanan pemeriksan psikologi melalui EPPSi serta layanan pemeriksaan Kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

Sementara untuk pembuatan SIM baru, pemohon harus tetap datang ke Satpas untuk melakukan ujian praktik atau lapangan. Pada tahap ujian praktik ini pemohon harus lolos saat pendaftaran atau registrasi online melalui aplikasi Sinar. Sehingga untuk para pemohon yang baru ingin melakukan pendaftaran SIM pertama harus tetap datang ke Satpas saat akan melaksanakan ujian praktik yang digelar.

Syarat dan Ketentuan

Sementara itu untuk masalah persyaratan sendiri tentu ada beberapa hal yang harus dipenuhi saat melakukan pendaftaran untuk pembuatan ataupun perpanjangan SIM. Secara keseluruhan persyaratan ini sama baik untuk versi online ataupun datang sendiri.

Berikut ini adalah beberapa syarat dan ketentuan administrasi untuk pengajuan pembuatan serta perpanjangan SIM:

  • KTP yang masih berlaku atau dokumen keimigrasian bagi warga negara asing
  • SIM lama
  • Surat keternagan lulus ujian keterampilan (ujian praktik)
  • Surat Kesehatan dari dokter

Itu adalah beberapa syarat wajib yang benar – benar harus dipenuhi sebelum melakukan cara memperpanjang SIM Online menggunakan Aplikasi SINAR ini. Jika memenuhi syarat – syarat yang sudah ditentukan di atas, kamu pastinya akan langsung mendapatkan akses mudah untuk melanjutkan cara – cara yang sudah ada di atas.

Aplikasi Sinar

Aplikasi SINAR untuk tujuan SIM Online ini mulai bisa digunakan di bulan April 2021. Keterangan terakhir yang berhasil kami dapatkan. Nantinya Aplikasi SINAR ini akan bisa digunakan di perangkat Mobile Android ataupun dari iOS atau perangkat iPhone. Setelah para pengguna download aplikasi ini, kita tidak perlu lagi untuk melakukan pendaftaran di Satpas, dan langsung bisa mengisi semua form di dalam aplikasinya.

Selain itu para pemohon juga harus memasukan konfirmasi berupa KTP dan juga nomor hp serta nomor SIM sebelumnya. Khususnya untuk perpanjangan SIM A dan C, semua proses bisa dilakukan dengan mudah di dalam aplikasi.

Sehingga cara memperpanjang SIM Online menggunakan Aplikasi SINAR tidak perlu lagi datang ke lapangan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang mungkin bisa kamu gunakan, semoga informasi ini bisa bermanfaat. Solusi yang diberikan ini tentunya sangat diharapkan untuk terus berkembang sehingga kedepannya juga bisa dilakukan tanpa adanya pendaftaran yang harus dilakukan secara offline.

Nah, silakan coba download Aplikasi SINAR ini ya? Dan gunakan cara memperpanjang SIM Online tanpa harus datang ke Satpas lagi. Selamat mencoba dan tentunya kita berharap tidak ada error dan juga bug yang ada di dalamnya. Ikuti terus informasi dari Rentetan.com dan semoga informasi ini bisa menjadi salah satu panduan terbaik untuk digunakan.

Jangan Lewatkan: Cara Convert PDF to Word Dengan Beberapa Langkah Mudah dan Update!

Comment

News Feed