by

Kapan Puasa Ramadhan 2021? Sidang Isbat Dilaksanakan 12 April 2021, Pukul 16.45 WIB

Rentetan.comPemerintah Indonesia akan menentukan kapan Puasa Ramadhan 2021 dengan menggelar Sidang Isbat yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 12 April 2021, pada pukul 16.45 WIB.

Kapan Puasa Ramadhan 2021

Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama akan memulai menggelar sidang Isbat yang akan digelar sore hari ini (Senin, 12 April 2021). Kepastian mengenai Sidang Isbat ini sudah disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam keterangan resmi disampaikan pada Sabtu 10 April 2021.

Dilansir dari Kompas.com, berdasarkan dari keterangan Direktur Urusan Agama Islam Agus Salim menyebutkan bahwa sidang isbat akan digelar dalam tiga tahapan yang akan dimulai pada pukul 16.45 WIB.

Dengan hal ini bisa diketahui kapan puasa Ramadhan 2021 akan berlangsung berdasarkan dari hasil sidang isbat nantinya.

Baca Juga: Panduan Ibadah Ramadhan 2021 Berdasarkan Kementrian Agama Republik Indonesia

Tahapan Sidang Isbat Penentuan Kapan Puasa Ramadhan 2021

Adapun untuk tahapan sidang sendiri ada tiga, untuk penentuan 1 Ramadhan 1442 H:

  • Tahapan Pertama, pada pukul 16.45 WIB, dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1442 Hijriyah oleh anggota tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementrian Agama. Tahapan ini disiarkan langsung melalui siaran televisi, sehingga masyarakat bisa langsung melihat prosesnya secara langsung.
  • Tahapan Kedua, Setelah salat maghrib akan dilanjutkan dengan sidang isbat awal Ramadhan. Untuk tahapan ini digelar secara tertutup dan tidak akan bisa diakses oleh awak media dan juga masyarakat secara langsung.
  • Tahapan Ketiga, gelaran konferensi pers penyampaian hasil sidang oleh Menteri Agama. Untuk penyampaian keputusan sendiri akan disiarkan secara langsung di stasiun TVRI dan juga media sosial KEMENAG, atau Kementrian Agama.

Beberapa tim yang terdaftar untuk melakukan sidang isbat ini beberapa diantaranya seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriyah dari Kementrian Agama, beberapa Duta Besar negara lain, perwakilan organisasi masyarakat, LAPAN, BMKG, dan juga beberapa undangan lainnya.

Menurut Kementrian Agama sendiri, pemantauan hilal akan dilakukan dengan menurunkan pengamatan melalui 86 lokasi dari total 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Metode Penentuan Awal Ramadhan

Untuk metode yang digunakan sendiri seperti biasanya menggunakan dua metode Hisab dan Rukyat. Dua metode inilah yang digunakan untuk menentukan kapan puasa Ramadhan 2021.

Apa itu Rukyat? Ruykat adalah aktivitas pengamatan hilal (bulan sabit) saat matahari terbenam menjelang awal bulan kalender Hijriyah.

Kegiatan ini dilakukan bersama dengan organisasi masyarakat dan juga para pakar, serta Kementrian Agama terlebih dahulu melakukan perhitungan ketinggian hilal. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan penentuan dan perhitungan awal.

Objek yang dilihat sendiri harus tepat, jika hilal berada di bawah 2 atau 4 derajat, maka objek yang dilihat bukan hilal, melainkan bintang, ataupun objek lainnya. Menurut beberapa informasi hilal sendiri bisa dilihat dengan ketinggian minimal 2 derajat. Dan jika ketinggian di bawah itu artinya belum Rukyat.

Lalu ap aitu Hisab? Hisab adalah sebuah perhitungan matematis dan astronomis untuk penenuan posisi bulan guna menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah. Perhituangan ini sangat penting untuk mengetahui kapan puasa Ramadhan 2021.

Kapan Puasa Ramadhan 2021?

Untuk mengetahui kapan puasa Ramadhan 2021 dan jatuhnya awalnya bulan 1 Ramadhan ini tentunya kita harus menunggu langsung dari keputusan Pemerintah Indonesia yang didapatkan dari sidang isbat tersebut. Namun, Pemerintah Indonesia sendiri sudah memperkirakan bahwa untuk gelaran puasa ini akan dimulai pada 12 April 2021 mendatang sesuai dengan kalender nasional yang sudah dirilis sebelumnya.

Namun tentunya Kementrian Agama akan segera memberikan pengumuman terkait kapan jadwal yang tepat untuk memulai ibadah puasa bulan suci Ramadhan. Bagi Umat Muslim yang ada di seluruh Indonesia, bisa langsung menyaksikan pengumumannya, di sore hari nanti melalui siaran TV dan juga live di media sosial Kemenag.

Sementara itu untuk, Idul Fitri kali ini, Pemerintah juga sudah menetapkan larangan mudik 2021, dimana akan mulai aktif mulai 6 – 17 Mei 2021. Saat ini juga sudah terdapat langkah pencegahan untuk para pemudik yang mencuri – curi kesempatan untuk melakukan kegiatan pulang kampung lebih awal.

Baca Juga: Daftar Hari Libur Nasional 2021 Resmi, Simak Kalender Lengkap Untuk Tahun 2021

Comment

News Feed