by

Cara Mengaktifkan Frame 120Hz di Xbox Series X dan Xbox Series S

Rentetan.com – Berikut ini adalah beberapa cara mengaktifkan fps 120Hz di Xbox Series X dan Xbox Series S yang bisa kamu coba gunakan. Kedua konsol Xbox ini memang mendukung frame rate 120Hz sehingga lebih menghibur para penggunanya untuk bermain game – game dengan lebih nyaman.

Cara Mengaktifkan Frame 120Hz di Xbox Series X dan Xbox Series S

Jika kamu memiliki Xbox Series X atau Xbox Series S yang terkoneksi di sebuah TV dengan port HDMI 2.1, kamu akan mampu bermain game dengan resolusi 4K di 120fps. Tapi sebelumnya kamu harus menggunakan beberapa cara mengaktifkan fps 120Hz untuk fitur bawaan.

Saat ini sudah banyak sekali game – game yang support frame rate 120fps, dengan berbagai contoh gamenya seperti Gears 5, Halo: The Master Chief Collection, Rocket League, Dirt 5 adalah beberapa contohnya.

Pertanyaannya apakah 120fps memang worth it? Tentu secara teori memainkan game di fps yang tinggi akan membuat kita menjadi lebih nyaman. Gerakan yang sangat smooth ditambah dengan responsif, kita harus berterima kasih dengan teknologi low latency high output berupa framerate ini.

Lalu bagaimana sih cara mengaktifkan framerate 120Hz untuk Xbox Series X dan Xbox Series S ini? Kita akan bahas pada tips dan trik kali ini. Perlu juga diperhatikan bahwa saat ini dukungan TV Monitor yang ada masih sangat sedikit mengingat fitur ini membutuhkan port HDMI 2.1 yang mampu berkolaborasi dengan fitur yang ada di Xbox terbaru.

Baca Juga: Tampilan Xbox Series X dan Series S, Penampakan Console Terbaru Dari Nitendo

Cara Mengaktifkan Frame 120Hz di Xbox Series X dan Xbox Series S

Jika persyaratan pertama terpenuhi yaitu memiliki display dan monitor yang mendukung 120Hz, kamu akan sangat mudah untuk mengaktifkan fitur satu ini.

Kamu bisa masuk ke Settings di dashboard Xbox masing – masing. Ada du acara untuk bisa masuk ke dalam pengaturan ini, cara paling cepat adalah dengan menekan tombil Xbox Guide, kemudian masuk dan klik pada pilihan profile picture, dan pilih Settings. Di sini, lanjutkan untuk pilih TV & Display Options.

Pada menu ini kamu akan melihat pilihan “Refresh Rate” di bawah pilihan menu “Resolution”. Jika kamu memiliki display monitor 120Hz seharusnya kamu bisa memilih pilihan 120Hz maksimal dan pilihan lain seperti 60Hz dan sebagainya.

Kemudiank amu bisa cek dan pastikan sudah memilih fps 120Hz dengan klik pada 4K TV details. Di sini kamu akan melihat apakah TV yang kamu miliki support dengan 4K UHD di framerate 120Hz. Itu adalah cara mengaktifkan framerate 120Hz pertama untuk Xbox Series X dan Series S.

Setting Display di Dalam Game

Sangat penting untuk diperhatikan bahwa kebanyakan dari game Xbox Series X dan Series S sendiri secara default memiliki setting performa yang diberikan antara 30 sampai dengan 60fps, secara default kita juga harus mengaktifkan tampilan 120Hz dari dalam setting game itu sendiri.

Ada baiknya untuk melakukan cek terhadap setting grafik di dalam game. Selain itu saat ini belum semua game juga support serta mendukung tampilan fps sebenar 120Hz. Walaupun untuk beberapa game baru mendatang kemungkinan besar akan support.

Jangan Lewatkan: Spesifikasi Hardware PS5, Sony Buka Rahasia PlayStation Terbaru

Mengatasi Permasalahan Pada Tampilan 120Hz di Xbox Series X dan Xbox Series S

Cara Mengaktifkan Frame 120Hz di Xbox Series X dan Xbox Series S

Nah lalu jika kamu sudah menggunakan tips dan trik mengenai cara mengaktifkan fram 120Hz di atas namun masih menghadapi permasalahan, bagaimana cara mengatasinya?

Perlu diketahui bahwa untuk saat ini Xbox menyertakan kabel output yang dibarengi dengan pembelian jadi pastikan kamu sudah menggunakannya. Ada banyak sebab kenapa masih belum bisa mengaktifkan fitur dari Xbox Series X dan Xbox Series S ini. Sehingga ada baiknya untuk cek juga manual dari display layar monitor TV yang kamu miliki.

Di tambah lagi cek juga game yang kamu mainkan apakah sudah mendukung framerate 120Hz sehingga memang sudah bisa dimainkan di fps yang tinggi. Jadi bagaimana? Apakah kamu sudah mulai mencoba untuk memainkan game dengan fps yang sangat tinggi? Pasti kamu akan merasakan sebuah kepuasan tersendiri ketika memainkannya.

Baca Juga: Game Battlefield 6: Jadwal Rilis, Serta Bocoran Informasinya

Comment

News Feed