by

Cara Lindungi Privasi di Windows 10 Paling Mudah dan Sederhana

Rentetan.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips dan trik untuk cara lindungi privasi di Windows 10. Seperti yang kita tahu bahwa di jaman sekarang ini banyak data – data dari kita diambil untuk berbagai kepentingan tertentu. Dan untungnya ada beberapa cara untuk meminimalisir penggunaan data saat kita menggunakan Windows 10.

Cara Lindungi Privasi di Windows 10

Seperti apa sih pembahasan yang akan kita bahas di sini? Mari kita bahas langsung saja agar para pengguna sistem operasi besutan Microsoft ini tetap bisa sedikit tenang dalam melakukan pekerjaan sehari – hari. Simak terus artikel ini sampai selesai ya?

Baca Juga: Cara Melindungi Privasi di Hp Android Dengan Mudah

Cara Lindungi Privasi di Windows 10

#1: Menggunakan Windows Permissions

Pertama kamu bisa cek Windows Permissions dengan buka Settings App dan klik pada pilihan Privacy. Di bagian sebelah kiri sidebar akan terdapat pilihan berbagai informasi data yang mungkin ingin kita share atau tidak.

Kamu bisa menonaktifkan semua pilihan, namun perlu juga dicatat bahwa dengan setting ini kita juga akan mempengaruhi beberapa fitur dari Windows.

#2: App Permissions

Selanjutnya, ada juga pilihan yang lebih spesifik mengenai cara lindungi privasi di Windows 10 ini menggunakan App Permissions. Kamu bisa menggunakan settingan satu ini untuk mematikan informasi seperti Lokasi, Camera, dan juga microphone dan lain sebagainya.

Di sini kamu bisa mematikan settingan yang tidak perlu kamu gunakan misalnya seperti lokasi, ataupun beberapa setting lainnya.

#3: Aplikasi Background

Coba cek juga background apps dimana kamu bisa mengecek beberapa informasi data apa yang sedang digunakan. Pada pilihan App Permissions kamu bisa scroll ke bawah kemudian klik pada bagian Background Apps.

Untuk mencegah beberapa sharing aplikasi untuk menggunakan data bahkan saat kita tidak menggunakannya kita bisa menonaktifkan dengan toggle yang sudah tersedia.

#4: Menonaktifkan Cortana

Menonaktifkan Cortana juga merupakan salah satu cara lindungi privasi di Windows 10. Sebenarnya fitur satu ini memang cukup membantu kita, namun ada banyak data yang sangat banyak kita share dengan Microsoft.

Untuk mematikan akses dari fitur Cortana ini kita bisa klik ikon Cortana di bagian taskbar, klik tombol titik tiga di bagian pojok kiri atas dan klik Settings.   

Dari sini, klik Sign Out, kemudian Sign In lagi. Sekarang buka Settings dan klik Privacy > Voice Activation. Scroll ke bagian bawah dan matikan setting Cortana.

#5: Microsoft Account Data

Jika kamu login menggunakan Microsoft Account dengan perangkat Windows 10 kalian, ada sebuah tempat terpisah yang bisa digunakan untuk mengakses setting privasi kita. Masuk ke halaman pengaturan privasi Microsoft, dan log in dan klik Overview.

Dalam halaman ini kita akan melihat beberapa pilihan yang mungkin bisa digunakan untuk mengatur privasi dalam penggunaan akun Microsoft (mirip di halaman pengaturan manage akun di Google). Di sini kamu bisa menghapus data browsing dan search history, loasi, dan lain sebagainya.

Jangan Lewatkan: 5 Fitur Spotify Tersembunyi dan Jarang Diketahui, Kamu Sudah Pernah Coba?

#6: Personalised Ads

Pada pilihan Overview Page, kamu bisa pilih Ad Settings. Seperti pada perusahaan teknologi pada umumnya bahwa Microsoft sendiri mengumpulkan data untuk tujuan iklan. Jika kamu tidak nyama dengan ini maka kamu bisa disable.

Ada beberapa pilihan seperti See Ads that Interest You, dan See Personalised Ads in Your Browser. Matikan keduanya agar kamu tidak bisa ditarget dengan iklan tertentu, atau dengan kata lain jika tidak mau data kamu digunakan untuk keperluan ads targeting.

#7: Menggunakan Aplikasi ShutUp10

Sebuah alternatif cara lindungi privasi Windows 10 paling mudah yaitu dengan aplikasi third party satu ini. Sebuah aplikasi ang memberikan kemudahan dalam satu tampilan untuk setting privasi di perangkat Windows 10 kita.

Kamu bisa download ShutUp10 di sini.

Pastikan kamu download dan install aplikasi ShutUp10 tersebut. Kemudian buka aplikasi dan klik Actions > Create a System Restore Point. Dengan begini kita bisa mengubah beberapa setting dengan mudah.

Akhir Kata

Itu adalah beberapa cara lindungi privasi di Windows 10. Dengan menggunakan beberapa langkah di atas paling tidak data kita tidak digunakan sebagai ads targeting ataupun digunakan oleh berbagai aplikasi desktop untuk tujuan tertentu seperti spying dan lain sebagainya. Bagaimana? Apaka informasi yang ada di artikel ini cukup membantu?   

Baca Juga: Cara Bersihkan Cache Windows 10, Buat Performa Komputer Lebih Lancar! 

Comment

News Feed