by

Tips dan Trik Google Meet Untuk Berbagai Tujuan Meeting, Ngobrol, dan Sekolah Online

Rentetan.comGoogle Meet merupakan salah satu software yang paling banyak digunakan di beberapa waktu belakangan ini terlebih setelah adanya pandemi corona atau covid-19.

Tips dan Trik Google Meet

Selain karena layanan yang dimiliki oleh google ini gratis, tentunya fitur yang ada juga hampir sama dengan beberapa kompetitor mereka seperti Zoom, dan lain sebagainya.

Jika kamu adalah pengguna Google Meet ada beberapa tips dan trik menarik untuk digunakan dalam rangka memperlancar pekerjaan sehari – hari kamu.

Sedikit sejarah mengenai Google Meet, pertama kali dikenalkan pada tahun 2020 dimana mengganti produk mereka yang Bernama Google Hangout. Meet ini bisa diakses dengan gratis sehingga memungkinkan para bisnis kecil menengah bisa melakukan pekerjaan di masa – masa pandemi seperti sekarang ini.

Nah, langsung saja kita bahas mengenai beberapa tips dan trik untuk memperlancar pekerjaan dan penggunaan Google Meet ini ya?

Baca Juga: 5 Fitur Spotify Tersembunyi dan Jarang Diketahui, Kamu Sudah Pernah Coba?

Tips dan Trik Google Meet

#1: Mengganti Layout Meeting

Aplikasi milik Google satu ini memiliki beberapa tampilan layout untuk video conference yaitu Auto, Tiled, Spotlight, dan Sidebar. Secara default tampila layout ini aka nada pada auto-switch, dimana akan menampilkan anggota participants yang berbicara pada meeting. Namun, jika kamu ingin mengganti tampilan layout default ini, kamu bisa melakukannya dengan mudah.

Klik pada bagian tombol titik tiga di pojok bawah sebelah kanan dan pilih “Change Layout”, setelah itu kamu bisa mengganti dengan format yang sudah tersedia.

#2: Mengatur Participants

Participants adalah anggota yang ikut dalam video conference pada Google Meet. Kamu bisa mengatur participants jika kamu adalah seorang pembuat room untuk meeting online. Ada beberapa kemampuan yang harus kamu ketahui termasuk untuk pin, mute, remove participants.

Sebagai contoh jika terjadi masalah audio kamu bisa mute participants, kemudian untuk kamu yang ingin meremove bisa juga untuk meremove. Semua pengaturan participants ini bisa dilihat pada pilihan menu participants. Syaratnya kamu adalah seorang pembuat room alias admin.

#3: Live Captions

Tips dan trik Google Meet selanjutnya adalah subtitle. Walaupun memang fitur ini masih belum terlalu akurat, tapi bisa dibilang Google selangkah lebih maju daripada kompetitor mereka, karena masih belum banyak layanan aplikasi video conference yang memilikinya.

Dengan menggunakan Live Captions, akan memudahkan bagi para pengguna terutama yang tidak berbicara native language. Jadi kamu bisa lebih memahami apa yang sedang dibicarakan oleh orang yang ada di dalam room.

#4: Record Meeting

Selanjutnya adalah Recording untuk Meeting online. Tentu ini adalah sebuah fitur wajib yang harus dimiliki oleh sebuah aplikasi video conference. Jika kamu masih kurang jelas atau memang ditugaskan untuk memberikan dokumentasi meeting kamu bisa nonton ulang nih untuk rekaman dari Recording Meeting.

Untuk cara record Meeting di Google Meet bisa dilakukan dengan klik pada tombol titik tiga pada bagian bawah sebelah kanan layar dan klik Record Meeting. Secara default hasil perekaman akan tersimpan di Google Drive dengan folder yang otomatis akan terbuat sendiri.

#5: Scheduled Meeting di Google Meet

Selain itu ada juta tips dan trik lain yang harus diperhatikan dimana kita bisa menjadwalkan sebuah pertemuan online atau meeting online. Menariknya kita bisa mengintegrasikan langsung dengan Google Calendar sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk jurnal nantinya.

Kita bisa memasukan email dari orang yang mengikuti meeting online ini sehingga akan muncul notifikasi di email para anggota.

Bagaimana cara menjadwalkan Meeting ini? Kita bisa masuk ke dalam halaman utama dari Google Meet, selanjutnya klik tombol “Schedule a Video meeting from Google Calendar”. Setelah ini kamu akan masuk ke tab baru yang berisikan form detail mulai dari judul, tanggal, waktu, dan sebagainya, di sini kamu juga bisa menambahkan participants.

Coba Juga: Cara Daftar Indodax di Android Tempat Jual Beli Bitcoin di Indonesia

#6: Share Screen

Nah fitur Share Screen ini juga merupakan sebuah fitur penting di setiap aplikasi video call conference nih. Caranya sangat mudah kamu hanya perlu klik tombol Present. Kemudian kamu bisa memilih beberapa pilihan dimana kamu bisa share “Your Entire Screen” atau “A Window”.

Untuk pilihan Your Entire Screen sendiri adalah sebuah pilihan untuk semua screen yang ada di komputer. Sementara untuk pilihan A Window hanya satu aplikasi atau window saja.

#7: Video Settings

Secara default resolusi dari video di Google Meet adalah 360p. Namun, jika kamu memiliki bandwidth dan koneksi internet yang sangat cepat kamu bisa menggantinya dengan 720p. Kamu bisa mengaktifkan pengaturan dengan masuk ke Settings, dari tombol titik tiga di bagian bawah kanan.

Selanjutnya aka nada pop up windows, pilih di bagian tab Video. Sekarang kamu bisa pilih di tombol Drop Down Send Resolution, dan pilih 720p. Kamu juga bisa memilih di bagian Receive resolution, dengan cara yang sama.   

#8: Google Meet Shortcuts

Untuk mempercepat akses dari aplikasi satu ini maka kamu bisa mempelajari lebih lanjut mengenai Shortcut.

Catatan: kamu bisa melihat list lengkap shortcut dengan menekan tombol Shift + ?

Shortcut Google Meets:

  • Off/On Kamera: Command + e atau Ctrl + e
  • Mute/Unmute: Command + d atau Ctrl + d
  • Show/Hide People: Ctrl + Command + P atau Ctrl + Alt + p
  • Show/Hide Chat: Ctrl + Command + c atau Ctrl + Alt + p
  • Help: Command + / atau ctrl + /

Itu dia beberapa tips dan trik Google Meet yang harus kamu ketahui. Silakan praktekan beberapa tips yang sudah ada di atas ya?

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Meet, Panduan Mudah Dan Lengkap

Comment

News Feed