by

5 Tips Google Sheets Sederhana Untuk Pekerjaan Sehari – Hari

Rentetan.comIni dia beberapa tips Google Sheets untuk mempermudah pekerjaan sehari – hari kita.

Tips Google Sheets Sederhana Untuk Pekerjaan Sehari – Hari

Google Sheets adalah sebuah software berbasis website yang bisa digunakan untuk berbagai pekerjaan. Fungsinya yang mirip dengan Excel membuat kita harus mengetahui berbagai fungsi – fungsinya secara lebih mendalam, terutama jika kamu ingin mempercepat pekerjaan.

Tentu saja untuk tips Google Sheets ini tidak akan membahas formula, rumus, dan fungsi tingkat lanjut, karena kita hanya akan memberikan tips dan trik untuk pemula. Tapi jika kalian ingin Rentetan membuat tips untuk tingkat lanjut bisa silakan komen di kolom komentar ya?

Langsung saja simak informasi di dalam artikel ini sampai selesai. Paling tidak kamu tidak akan kesulitan dengan pengoperasian beberapa pekerjaan yang melibatkan Google Sheets.

Baca Juga: Cara Menghapus Other Storage di iPhone Lengkap!

Tips Google Sheets Sederhana

Beberapa tips dan trik yang ada di sini tentu bukan hal yang baru untuk orang yang sudah cukup mengenal Google Sheets sebelumnya. Namun untuk, beberapa orang baru di dunia Sheets milik Google bisa menjadi salah satu anugerah terindah terutama jika keseharian membutuhkan software ini.

Urutan Data Rows dan Columns

Google Sheets memberikan akses kemudahan dalam mengatur isi dari sebuah Row, ataupun Columns. Kamu bisa mencobanya dengan drag rows dan columns. Dengan melakukan dragging ini kamu akan memindahkan seluruh isi data yang ada di sebuah rows ataupun columns.

Sebelum kami mengetahui cara satu ini, tentu saja akan mengalami kesulitan dalam melakukan pengurutan data yang ada di dalamnya. Jujur, tips ini juga baru beberapa waktu belakangan ini kami ketahui.

Mengatur Urutan Data. Sumber: The Verge

Membuka File Baru Dengan “sheets.new” di Browser

Oke berapa orang yang sudah mengetahui tips Google Sheets sangat sederhana ini? Mungkin tidak banyak. Sebelum mengetahui tips dan trik ini, membutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai 3 menit untuk membuka file baru di Google Sheets.

Dengan mengetikkan sheets.new di browser kamu hanya butuh waktu paling tidak 3 detik untuk membuka halaman Sheets baru. Bagaimana? Sudah mencobanya? Tentu saja cara ini berlaku untuk berbagai produk Google lainnya seperti Docs, Slide, dan sebagainya.

Mengatur Ukuran Columns

Ini adalah sebuah tips dan trik jadul yang seharusnya pemula ketahui. Tips Google Sheets sederhana ini akan menyingkat waktu pengerjaan file. Terdengar sangat sederhana memang tapi sebenarnya ada beberapa orang yang masih belum mengetahui tips dan trik satu ini lho.

Jadi, kamu hanya perlu melakukan double klik pada columns yang ingin kamu atur lebarnya sesuai dengan tulisan yang ada dalam rows dan columns. Agar lebih paham silakan simak gambar gift di bawah ini.

Mengatur Ukuran Columns. Sumber: The Verge

Jangan Lewatkan: Tips Genshin Impact, Segala Hal Yang Harus Diketahui Untuk Masak dan Makan di Game Ini

Paste

Kami juga yakin bahwa tips Google Sheets sederhana Paste, masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Jika kita mengambil sebuah data dari luar Google Sheets terkadang kita melakukan paste dengan format default. Misalnya ada font tertentu yang ingin kita paste juga tapi ternyata gagal, hal ini karena defaultnya Google Sheets tidak melakukan paste untuk style tulisan.

Nah Adapun beberapa cara untuk paste dengan style original adalah sebagai berikut ini:

  • Windows: Ctrl + Shift + v
  • Mac: Command + Shift + v

Biasanya kita hanya menggunakan CTRL + V bukan? Coba deh gunakan shift untuk mengcopy style original yang ada pada data yang ingin kita pindahkan ke halaman Sheets kita. Kurang jelas? Cek saja gif berikut ini.

Clean Paste Formating. Sumber: The Verge

Tambahkan Hyperlink Sekaligus dalam satu Cell

Merupakan sebuah tips Google Sheets yang sudah cukup lama beredar. Saat ini kita bisa menambahkan banyak link di dalam satu cell kok. Kamu hanya perlu klik pada cell dan blok kata yang ingin kita berikan link, selanjutnya kamu hanya perlu memasukannya. Nah, kamu bisa cek langkahnya di gambar berikut.

Sumber: The Verge

Akhir Kata

Kamu bisa mempelajari berbagai shortcut dari Google Sheets dari halaman support Google secara langsung, karena di sana terdapat informasi yang sangat lengkap untuk kamu gunakan. Jika kamu memiliki informasi lainnya mengenai Google Sheets silakan untuk share di kolom komentar ya? Jangan lupa bahwa sharing is caring sehingga kamu bisa menyebarkan pengetahuan kamu untuk digunakan oleh para pengguna lainnya. Terima kasih.

Jangan Lewatkan: Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri Dengan Mudah

Comment

News Feed