by

Sejarah Hari Bumi 22 April, Awal Terbentuknya Earh Day

Rentetan.comHari Bumi atau Earth Day adalah sebuah event tahunan yang diperingati pada tanggal 22 April setiap tahunnya yang melambangkan dukungan untuk perlindungan alam dan linkungan.

Sejarah Hari Bumi 22 April, Awal Terbentuknya Earh Day

Kegiatan event tahunan satu ini berada di sebuah organisasi non profit dibawah naungan EARTHDAY.ORG yang dulunya juga Bernama Earth Day Network dimana anggotanya tercatat lebih dari 1 milyar orang terdiri dari berbagai negara, kurang lebih 193 negara yang ada di dunia.

Bagaimana sih sejarah Hari Bumi dan awal terbentuknya Earth Day ini? Dan seperti apa sebenarnya isi utama dari event tahunan satu ini? Mari kita bahas kelanjutan informasi lengkapnya di bawah ini ya?

Baca Juga: Cara Download Slideshare Mudah Dan Gampang!

Sejarah Hari Buni dan Awal Terbentuknya Earth Day

Sejarah terbentuknya event tahunan ini tidak terlepas dari sebuah sejarah pada 28 Januari 1969 diamana terjadi kecelakaan kerja di Santa Barbara, California menyebabkan 3 juta galon minyak tumpah menyebabkan kematian 10.000 lumba – lumba, Singa Laut, dan hewan – hewan yang ada di sekitaran laut lepas California.

Para aktivis lingkungan hidup pada waktu itu melakukan protes dan kecaman untuk mengganti regulasi lingkungan hidup, termasuk penyuluhan Hari Bumi pertama kali. Beberapa nama yang cukup berjasa dalam awal terbentuknya Earth Day adalah seperti Selma Rubin, Marc McGinnes dan Bud Bottoms, pendiri sebuah organisasi Bernama Get Oil Out.

Dan salah satu organizer dari Earth Day pertama, Denis Hayes, mengatakan bahwa salah satu satu pemimpin daerah di Wisconsin Gaylord Nelson terinspirasi untuk membentuk Earth Day setelah melihat bagaimana bentuk tumpahan minyak Santa Barbara dari atas pesawat.

Hari Bumi Tahun 1970, “Environmental Rights”

Setelah setahun berlalu, pada 28 Januari 1970, sebuah event Bernama Environmental Rights Day dibentuk dan dideklarasikan. Ditulis oleh Rod Nash ketika melakukan perjalanan dengan kapal di beberapa jalur tumpahan minyak di Santa Barbara.

Pada tahun ini banyak sekali wacana yang dilakukan termasuk kerjasama dengan berbagai pemerintahan yang ada di Amerika Serikat. Dipimpin oleh Marc McGinnes yang menyiapkan berbagai kerjasama dengan beberapa orang yang ada di pemerintahan untuk pembentukan National Environmental Policy Act.

Dan di tahun yang sama program studi perkuliahan yang bergerak di bidang lingkungan hidup dibentuk juga di University of California, Santa Barbara. Secara resmi Earth Day dan Hari Bumi pertama serta dasar organisasi pertama dibentuk di tahun 1970 ini tepatnya pada 22 April 1970.

Baca Juga: Hari Bumi, Intip Cara Berbeda Tiap Komunitas Lingkungan Ini Untuk Tetap Jaga Bumi

Sebenarnya Event Yang Diadakan di Amerika Serikat

Awal pembentukan dan sejarah Hari Bumi ini sebenarnya dibentuk untuk masyarakat lokal Santa Barbara, namun karena pergerakannya yang sangat masif dan besar maka akhirnya seluruh negara Amerika Serikat juga turut merayakannya.

Sementara itu akhirnya banyak sekali aktivis global dari berbagai negara juga ikuti turut serta dalam organisasi ini sehingga saat ini kurang lebih ada 193 negara yang telah tergabung dengan anggota kurang lebih 1 milyar orang.

Agar tidak bingung, PBB juga memiliki sebuah event serupa Bernama World Environmental Day yang diadakan di setiap tanggal 5 Juni. Sebenarnya konsep dari event ini adalah sama yaitu meningkatkan kesadaran mengenai penjagaan lingkungan hidup yang ada di muka bumi ini.

Event dan Acara Hari Bumi 2021

Earth Day 2021 ini fokus ke sebuah acara yang berhubungan dengan perubahan iklim dan diadakan secara live streaming selama tiga hari. Kita tahu bahwa saat ini masih terjadi pandemi corona di seluruh dunia sehingga sangat sulit untuk menyediakan akses untuk acara offline.

Susunan acara dimulai pada 20 April sampai dengan 23 April yang sebagian besar isi dari acara ini adalah edukasi dan diskusi mengenai lingkungan hidup, polusi dan sebagainya. Para aktivis bisa langsung ikuti acaranya menggunakan akses website resminya di sini.

Itu dia sedikit pembahasan mengenai sejarah Hari Bumi dan juga Earth Day yang memang sampai saat ini sudah diadakan setiap tahun dan jatuh pada setiap tanggal 22 April. Bagaimana? Apakah sudah sedikit membuka mata kita?

Live Streaming Event

Jangan Lewatkan: Kenapa Drama Korea Snowdrop Dicekal? Kontroversi Drama Yang Dibintangi Jisoo Blackpink ini!

Comment

News Feed