by

Cara Tanda Tangan di File PDF PC Tanpa Print

Rentetan.com – Kamu mendapatkan file dokumen PDF dan pengen tahu cara tanda tangan di file PDF? Ada nih beberapa cara terbaik yang bisa digunakan. Pada tips dan trik kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana kita bisa tanda tangan di atas dokumen PDF tanpa harus print.

Cara Tanda Tangan di File PDF PC Tanpa Print

Bahkan sebelum terjadi pandemi Covid-19, file PDF sudah menjadi salah satu format yang sudah hal biasa digunakan. PDF atau singkatan dari Portable Document Format, adalah sebuah standar format file yang pertama kali dibentuk oleh Adobe sejak tahun 1990.

Format file satu ini memungkinkan file – file dokumen hardcopy diubah menjadi file format digital sehingga memudahkan untuk mobilitas pergerakan file dengan cepat. Nah, saat ini sudah banyak kok cara mengubah file menjadi pdf, mengedit file dan sebagainya.

Jika kamu mendapatkan file jenis PDF dan membutuhkan cara tanda tangan di file PDF tanpa harus melakukan print, kamu bisa ikuti beberapa cara yang ada di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menggabungkan File PDF di Windows dan Mac

Cara Tanda Tangan di File PDF

Sayangnya sistem operasi Windows tidak memberikan fitur built in tanda tangan PDF seperti yang dimiliki oleh Mac, sehingga bagi para pengguna Mac sedikit lebih diuntungkan dalam hal ini. Namun banyak sebenanrya aplikasi pihak ketiga atau third party yang memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan satu ini.

Pada tips dan trik untuk cara tanda tangan di File PDF PC, kita akan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader DC, yang mana merupakan aplikasi pembaca pdf gratis yang dibuat oleh Adobe.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudahnya:

  • Download terlebih dahulu Adobe Acrobat Reader DC.
  • Pastikan ketika melakukan download kamu melakukan checking di semua keperluan dimana ini adalah sebuah persyaratan sebelum kita melakukan download.
  • Setelah klik pada bagian “Download Adobe Reader”, kamu bisa memulai instalasi dengan klik file yang berekstensi .EXE.
  • Pada akhir instalasi, Acrobat Reader DC akan memberikan pertanyaan mengenai apakah kamu akan menjadikan aplikasi ini sebagai default untuk view dan membuka file PDF. Keputusan ini ada di tangan kamu ya?
  • Setelah melakukan instalasi, kamu harus buka aplikasi PDF satu ini.
  • Klik pada bagian Fill & Sign yang terletak di halaman utama. Setelah itu pilih menu “Select File” dan pilih file PDF yang kamu inginkan.
  • Sebagai alternatif, kamu bisa membuka file terlebih dahulu, kemudian pilih menu File > Open lanjutkan Fill & Sign.
  • Dokumen akan muncul di Acrobat dan selanjutnya kamu bisa klik ikon “Sign” di bagian atas.
  • Klik “Add Signature”. Jika sebelumnya kamu sudah menambahkan tanda tangan maka kamu bisa memilihnya, atau bisa juga menambahkan tanda tangan lain dengan klik di bagian “Add Initials”.
  • Pop Up Windows akan muncul setelah langkah di atas, kamu bisa ketikan nama dan Adobe akan memberikan beberapa font hand-writing, atau kamu bisa membuat manual tanda tangan kamu.
  • Kamu bisa menyimpan tanda tangan ini untuk keperluan lain di masa yang akan datang sehingga pastikan untuk mencetang box di bagian “Save Signature” kemudian kamu bisa klik “Apply”.
  • Setelah kamu menekan tombol Apply, kamu bisa menempatkan tanda tangan di bagian yang bisa disesuaikan.
  • Kamu berhasil menjalankan cara tanda tangan di File PDF menggunaan Adobe Acrobat DC.

Jangan Lewatkan: Tips dan Trik Google Meet Untuk Berbagai Tujuan Meeting, Ngobrol, dan Sekolah Online

Sebenarnya masih ada banyak aplikasi pihak tiga yang bisa kamu gunakan untuk tanda tangan file PDF, namun menurut kami aplikasi dari Adobe ini memiliki kemudahan yang sangat banyak dan fitur yang juga sangat lengkap terlebih kamu pengguna fitur premium.

Itu dia beberapa pembahasan kita mengenai tips dan trik untuk cara tanda tangan di File PDF, semoga informasi ini bisa menjadi salah satu tips yang berguna untuk kamu yang sering berhubungan dengan file PDF terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Terus ikuti informasi tips dan trik lainnya setiap hari bersama dengan Rentetan.com. Semoga informasi ini bermanfaat dan share juga kepada orang – orang yang ada di sekitar kamu. Terima kasih.

Baca Juga: Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri Dengan Mudah

Comment

News Feed