by

381 Titik Penyekatan Untuk Larangan Mudik Lebaran 2021

Rentetan.com – Pertaruran Pemerintah Indonesia terkait larangan mudik lebaran 2021 sudah dimulai sejak tanggal 6 Mei 2021 sampai dengan 17 Mei 2021, dimana ada kurang lebih 381 titik penyekatan untuk larangan mudik lebaran 2021 ini.

381 Titik Penyekatan Untuk Larangan Mudik Lebaran 2021_1

Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 sudah menerbitkan Surat Edaran SE Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Masyarakat dilarang meninggalkan daerah domisili masing – masing kecuali dalam kondisi dan alasan yang sangat mendesak seperti keluarga sakit atau meninggal dunia. Peraturan satu ini berlaku untuk semua moda transportasi, baik udara, laut, maupun darat.

Baca Juga: Ide Ngabuburit Seru di Rumah Tanpa Kerumunan dan Anti Bosan!

Daftar 381 Titik Penyekatan Larangan Mudik Lebaran 2021

Dalam melaksanakan peraturan ini, Polri bertugas untuk mempersiapkan sejumlah petugas di 381 titik penyekatan yang tersebar di seluruh pulau Jawa. Beberapa penyekatan yang paling banyak adalah di Jawa Barat dan Jawa Tengah, menurut Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto.

Berikut ini adalah beberapa titik penyekatan yang tersebar dari Sumatra sampai Pulau Bali.

  • Sumatra Selatan sejumlah 10 titik
  • Lampung sejumlah 9 titik
  • Banten sejumlah 16 titik
  • Jawa Barat sejumlah 158 titik
  • Jawa Tengah 85 titik
  • Jawa Timur sejumlah 10 titik
  • Bali sejumlah 5 titik

Titik penyekatan larangan mudik 2021 ini dilaksanakan secara random di beberapa titik vital perbatasan yang ada di sejumlah daerah tersebut. Dengan menggunakan car aini kemungkinan besar kita tidak akan bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalanan mudik ke berbagai daerah yang ada.

Putar Arah

Pihak kepolisian melalui Komjen Arief mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak nekat dan mencari jalan pintas untuk bisa mudik. Pasalnya, hal ini sudah diantisipasi oleh pihak kepolisian, Ia menyampaikan jangan pernah melakukan kucing – kucingan karena pastinya akan ketemu juga.

Tidak hanya melakukan penyekatan mudik pada 17 Mei 2021, Polri juga tetap menyiagakan pengamanan pascamudik nanti. Polri tetap mewaspadai masyarakat yang ingin pergi ke ibukota atau daerah lain setelah hari raya Idul Fitri.

Hal ini dilakukan untuk mencegah pendatang baru yang sudah terpapar Covid-19, dimana akan sangat membahayakan bagi beberapa orang yang masih sehat.

Selain untuk memutar arah tentunya juga sudah disiapkan berbagai sanksi dan hukuman terkait dengan pelarangan aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia ini.

Sanksi Kepada Orang Yang Melanggar

Untuk beberapa orang yang nekat untuk melanggar titik penyekatan larangan mudik 2021 akan mendapatkan sanksi sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13. Di dalam pertaruran tersebut disebutkan bahwa para pelanggar larangan mudik akan dikenai sanksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Para pengguna transportasi darat, akan mendapatkan sanksi ringan diminta untuk memutar balik ke asal tempat bepergian mereka sedangkan jika ada pelanggaran terhadap UULJR aka nada sanksi sesuai hal yang dilanggar.

Jangan Lewatkan Cara Menghilangkan Malware Android Dengan Langkah Mudah

Lalu Bagaimana Dengan Mudik Lokal?

Sesuai dengan arahan pada rapat Koordinasi Satgas Covid-19, melalui channel Youtube pada hari Minggu 2 Mei 2021, Doni Monardo Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo juga mengingatkan bahwa untuk aktifitas mudik lokal juga dilarang.

Beberapa tempat yang terdampak dengan lokasi mudik lokal ini juga sangat tidak dianjurkan mengingat sama saja akan memiliki resiko besar dalam menularkan Covid-19. Menurut dari Pemerntah Indonesia, ada beberapa Kawasan aglomerasi, yang harus tetap membatasi pergerakan mobilitas agar tidak bepergian dulu.

Berikut ini adalah beberapa daftarnya:

  • Medan Raya
  • Jabodetabek
  • Bandung Raya
  • Semarang Raya
  • Yogyakarta Raya
  • Solo Raya
  • Suarabaya Raya
  • Makassar Raya

Itu dia beberapa informasi terbaru seputar titik penyekatan untuk larangan mudik lebaran 2021. Semoga kamu bisa memperhatikan beberapa informasi pelarangan mudik satu ini dengan bijak. Dan jangan lupa untuk share juga informasi yang ada di sini agar semakin banyak orang yang mengetahuinya. Silakan untuk cek dan pastikan juga bahwa kita selalu memperhatikan protokol Kesehatan yang agar tetap meminimalisir penyebaran dari Covid-19. Terima kasih dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Baca Juga: Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN): Alur Pendaftaran dan Syarat Sekolah Kedinasan Indonesia

Comment

News Feed