by

Cara Menambahkan Font Baru di Mac Dengan Langkah Paling Mudah

Rentetan.com – Informasi menarik seputar tips dan trik untuk para pengguna Mac untuk cara menambahkan font baru di Mac.

Cara Menambahkan Font di Mac

Seperti yang kita tahu bahwa sebenarnya Mac datang dengan berbagai font yang sudah terinstall. Namun terkadang kita masih belum puas dengan beberapa font yang sudah ada di dalamnya. Ketika kamu ingin menambahkan font langsung saja ikuti informasi satu ini sampai selesai.

Apple beberapa waktu lalu juga memperkenalkan Mac terbaru, dengan desain baru dan juga pilihan warna yang beragam tidak seperti Apple selama ini. Nah, ada beberapa informasi yang hendak kami share kepada kalian pengguna Mac terutama yang baru saja menggunakan perangkat ini.

Mari kita langsung saja simak informasinya dengan menggunakan beberapa informasi yang ada di sini ya?

Baca Juga: Debut Game Ratchet And Clank: Rift Apart Dengan Gameplay Singkat

Cara Menambahkan Font Baru di Mac

Sebenarnya cara yang akan digunakan di sini sangatlah sederhana dan juga sangatlah mudah kamu bisa ikuti langkah – langkah sederhana di bawah ini.

Cara Menambahkan Font Baru di Mac: Install dan Validate Fonts

Menemukan font – font yang ada di macOS kita bisa dengan mudah mencarinya menggunakan “Spotlight”. Kamu bisa langsung menemukannya di Folder Application. Untuk menambahkan font baru, silakan klik pada bagian “Add” di toolbar Font Book, kemudian pilih font yang ingin kamu tambahkan.

Selanjutnya kamu bisa klik “Open”. Selanjutnya kamu bisa drag font baru secara langsung ke dalam icon Font Book. Double klik juga merupakan cara install font baru tersebut.

Setelah font terinstall, macOS akan secara otomatis melakukan validasi font dan melakukan pengecekan apakah terdapat sebuah error atau tidak.

Beberapa font seringkali mengalami file korup setelah melakukan instalasi sehingga kita harus melakukan pengecekan yang berkala. Untuk beberapa kasus kita harus melakukan validasi ulang untuk menyelesaikan masalah ini. Jika memang tidak bisa divalidasi ulang, maka selanjutnya kamu akan direkomendasikan untuk menghapus font tersebut.

Untuk melakukan validasi ini kita bisa menggunakan beberapa cara. Pertama pilih Choose file > Validate Font dari menu Font Book. Di dalam menu window, kamu bisa klik bagian tanda panah. Pada ikon berwarna hijau menunjukkan font berhasil di validasi, ikon berwarna merah menunjukkan sebuah peringatan, dan untuk ikon berwarna merah menunjukkan failed.

Pilih checkboc pada bagian font yang failed dan klik Remove Checked.

Install System Fonts

Dalam Font Book, kamu akan melihat system fonts yang kemungkinan belum terinstall tertanda dengan menu berwarna abu abu. Pada bagian font yang ingin kamu install kamu bisa klik kanan, pilih “Download Font” dan “Download”. Dan nantinya font akan tersedia untuk digunakan.

Cara Menambahkan Font Baru di Mac: Menemukan Font Duplicate dan Menghapusnya

Terkadang kita tanpa sadar melakukan instalasi fonts secara duplicate. Dalam Font Book, ada beberapa catatan berwarana kuning yang menjadi salah satu simbol peringatan duplicate juga. Kamu bisa menuju ke bagian Font App, kemudian pilh Edit > dan cari Enabled Duplicates.

Apple memberikan beberapa tools yang bisa menyelesaikan permasalahan font duplicate ini. Setelah melakukan Enabled Duplicates, kamu bisa melakukan “Resolve Automatically”, yang mana bisa melakukan disable atau memnidahkan font ke bagian Trash.

Selain itu kita juga bisa melakukan copy untuk melakukan back up, Salah satu Font Book yang direkomendasikan akan menggunakan label “Active Copy”. Sama, kita bisa menggunakan “Resolve This Duplicate” atau “Resolve All Duplicates”. Setelah melakukan hal tersebut kamu bisa memindahkannya ke dalam trash.

Baca Juga: Nonton Film Journey to the West 2 (2017) Sub Indo, Full Movie Streaming

Disable dan Remove Fonts

Kamu bisa menonaktifkan dan juga disable fonts menggunakan Font Book. Dengan menggunakan beberapa cara satu ini bahkan kamu bisa menghilangkan semua font yang ada di dalam Mac.

Untuk menghilangkan font ini kamu bisa pilih Font Book dan Delete, kemudian Remove. Kemudian disable fonts dan juga font families, klik Disable. Selanjutnya kamu bisa klik Disable. Untuk melakukan Disable secara bersamaan kamu bisa gunakan Edit > Disable.

Demikian pembahasan kita mengenai cara menambahkan Font di Mac yang bisa kamu coba gunakan. Semoga bermanfaat dan juga bisa digunakan sebagai salah satu pedoman dan panduan terbaik.

Baca Juga: Cara Menarik Gojek PayLater Ke Rekening Terbaru 100% Works!

Comment

News Feed